Selamat Datang di web resmi Desa Gerbosari           Mari Makaryo Mbangun Deso

 

Dukcapil Kenalkan Mesin ADM, Warga Bisa Cetak Sendiri e-KTP hingga KK

Administrator 16 November 2019 20:51:22 Berita Desa

Pencetakan e-KTP hingga saat ini masih jadi soal, terutama perkara berulang soal kekosongan blangko. Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri lalu membuat terobosan baru.
 
ADVERTISEMENT
 
Kali ini menghadirkan mesin pencetak dokumen kependudukan bernama Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Wujudnya mirip mesin ATM, begitu juga prosesnya untuk membuat dokumen seperti e-KTP dapat dicetak cepat.
 
"Alhamdulillah, setelah berkali-kali kita gagal dalam uji coba, akhirnya sekarang berhasil 'memindahkan' sebagian pegawai, alat alat dan kantor menuju satu aplikasi dalam mesin," ucap Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, Jumat (15/11).
 
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif menjajal ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri).
Prinsipnya, kata Zudan, ADM adalah tempat layanan masyarakat untuk mencetak dokumen. Melalui ADM, masyarakat bisa mencetak sendiri e-KTP, KIA, akta lahir, KK, atau akta kematian.
 
"Inovasi ini dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi," tutur Zudan.
 
Ada 3 model mesin yang disiapkan Dukcapil Kemendagri, namun fungsinya sama. Caranya, masyarakat yang ingin mencetak dokumen kependudukan datang ke Disdukcapil dulu untuk mendaftar atau meminta akses ADM.
 
Setelah persyaratan yang dibutuhkan dipenuhi, masyarakat akan mendapatkan PIN melalui SMS dan QR Code melalui email. Nah, dengan PIN dan QR Code itulah dia bisa mencetak sendiri dokumen kependudukan yang dibutuhkan.
 
Seperti ATM, mesin ini bisa jadi disimpan di beberapa tempat umum, tidak melulu di kantor Dukcapil. "Cukup dari ADM, tidak perlu ke kantor dukcapil. Sistem bekerja dengan pengaman NIK, pin, dan QR Code," kata Zudan.
 
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif menjajal ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri).
Meski alat ini sangat dibutuhkan dan memudahkan masyarakat, namun Kemendagri tidak mewajibkan tiap daerah punya alat ini. Sementara, Dukcapil akan menyediakan bagi daerah yang memesan saja.
 
"Banyak yang sudah mau beli. Saya yakin kepala daerah yang ingin memberikan layanan terbaik bagi masyarakatnya pasti butuh alat ini. Tidak ada arahan untuk mewajibkan," terang Zudan.
 
Selain sedang dimatangkan prosedurnya, Kemendagri sedang menyiapkan aplikasi agar masyarakat bahkan tidak perlu ke Dukcapil untuk meminta akses menggunakan mesin ADM. Harapannya, cukup daftar via aplikasi lalu cetak di mesin ADM terdekat.
 
"Ditjen Dukcapil sedang siapkan aplikasi. Ke depan tinggal pakai aplikasi. Kalau e-KTP hilang, upload surat kehilangan dan dokumen lain, datang ke ADM, cetak deh," pungkasnya.
 
sumber:
 
https://kumparan.com/kumparannews/dukcapil-kenalkan-mesin-adm-warga-bisa-cetak-sendiri-e-ktp-hingga-kk-1sG9SXyg4By

Komentar atas Dukcapil Kenalkan Mesin ADM, Warga Bisa Cetak Sendiri e-KTP hingga KK

nestriyanti 18 November 2019 16:57:21
alhamdulillah moga semua daerah cepat memiliki alat ini ya rob...
herodes wabia 18 November 2019 11:56:02
pa apa kita bsa instal di labtop gaa...
admin 17 November 2019 18:29:45
Lanjutkan
pipin 17 November 2019 08:09:59
Kasi cepat mi pak.. Supaya tidak repot lagi masyarakat untuk mengurus dokumen kepwndudukan.. Saya sangat mendukung untukditerbitkannya aplikasi ini ...
Irwan irrang 17 November 2019 06:48:49
Sepakat dgn adax terobosan2 yg d ambil dukcapil akan tetapi ketersediaan blanko ktp akan d jamin ada trus
Alfonsius kosang 17 November 2019 05:21:16
Ini memang trobosan baru yg sgt luar biasa krn tdk mempersulit msyrkt. Dan jauh lebih sempurna lg kalo menggunakan aplikasi setiap desa wajib miliki aplikasi uDukcapil sehingga msyrkt tdk repot hrs ke kabupaten tetapi adminbya dukcapil kabupaten
Ridwansyah 17 November 2019 03:41:10
Mantap

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Lurah Carik Jogobyo Ulu-Ulu Danarta Kamituwa Panata Laksana Sarta Pangripta Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung