You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Target Dinas Perikanan dan Kelautan untuk Swasembada Lele di Kulon Progo Thn 2020

Administrator 04 September 2019 Dibaca 458 Kali

Bertempat di Joglo Agro Krisan, Gerbosari, Samigaluh, KP, pada hari Rabu tanggal 4 September 2019, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo, Bpk. Sudarno mengadakan rapat lanjutan untuk mencari solusi tentang pembibitan lele. Rapat dihadiri Kepala Dinas Perikanan dan jajarannya, Perwakilan BPP Samigaluh Kades Gerbosari, dan 4 perwakilan kelompok Pembudidaya ikan dari Kulon Progo.

Dalam sambutannya Kepala Dinas menargetkan kepada 3 kelompok Pembudidaya ikan: Pokdakan Banyu mili, Gerbosari, Samigaluh,  Mina Taruna, Banjarharjo, Kalibawang, Mina Tirta Laras, Krembangan, Panjatan dan kelompok dr Ngestiharjo, Wates sebagai sentra pembenihan lele untuk mencukupi kebutuhan bibit lele setiap tahun di Kabupaten Kulon Progo.

Setelah dilakukan inventarisir sarpras yang ada di kelompok Mina Tirta Laras maka masih diperlukan tambahan untuk pengadaan induk 50 paket, diperlukan sumber air dengan membangun sumur bor serta pompa sumersible, dan membangun sekitar 100 unit kolam baru.

Demikian juga dari kelompok Mina Taruna, Banjarharjo disampaikan kekurangan sarpras diantaranya: kolam deder 24 unit ukuran 4x6 meter, kolam pijah 20 unit, kolam induk 8 unit ukuran 3x2 meter. Kendala yg ada diantaranya adalah ketersediaan air, iklim maupun cuaca, sehingga hal-hal tersebut termasuk dalam pembahasan yang dicarikan solusinya.

Selanjutnya dari Dinas akan mengusahakan untuk melaksanakan pengadaan sarpras yang diusulkan masing-masing kelompok sehingga nantinya akan dicapai target setiap kelompok akan menghasilkan 2,3 juta bibit lele setiap bulan bagi kelompok Mina Tirta Laras, dan kelompok Mina Taruna bisa mencukupi kebutuhan lele untuk kebutuhan konsumsi di wilayah Kulon Progo Utara.

Sementara dari  Pak Kades  Gerbosari dan Pak Alip  Banyumili, menyampaikan bahwa permasalahan yang ada adalah kurangnya suplai bibit karena pembibitan yang ada masih mandiri,  tidak produktif lagi. Sehingga untuk mencukupi bibit harus mencati ke Salaman, Jateng. Hal lain adalah keinginan bahwa Gerbosari pingin menjadi sentra pembibitan Gurami. Juga disampaikan untuk Gerbosari masalah air tidak menjadi kendala.

Dari permasalahan yang ada maka Dinas Perikanan dan Kelautan Kulon Progo untuk Gerbosari difokuskan untuk Pembesaran Gurami, juga akan memfasilitasi meski tidak bisa penuh sesuai keinginan kelompok tetapi diharapkan juga desa mengadakan sharing anggaran melalui dana desa lewat APBDes.(red-Rud)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image