Selamat Datang di web resmi Desa Gerbosari           Mari Makaryo Mbangun Deso

 

Pertemuan rutin Gapoktan Kalurahan Gerbosari

Administrator 05 Februari 2020 13:19:21 Berita Desa

Pertemuan rutin Gapoktan Kalurahan Gerbosari

Gerbosari  news (5/2) Para ketua Kelompok Tani (KT) dan Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) menghadiri pertemuan rutin Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh. Pertemuan tersebut merupakan agenda rutin selapanan ( 35 hari) yaitu setiap selasa kliwon, yang bulan ini jatuh pada tanggal 4 Februari 2020. Pertemuan rutin ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para ketua KT dan ketua KWT untuk disampaikan kepada kelompoknya serta mendapatkan informasi – informasi baik dari pemerintah desa maupun Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

 Pertemuan kali ini setelah pembukaan dilanjutkan sambutan dari Pemerintah Kalurahan yang dalam hal ini diwakili oleh Kamituwa Gerbosari, yang menyampaikan tentang pengaktifan kembali pertemuan rutin Gapoktan baik di Gedung Serba Guna Kalurahan mapun di rumah ketua ataupun anggota.  Pertemuan yang diadakan diperorangan terutama dirumah ketua, sisi baiknya adalah bisa melakukan praktek langsung misalnya pembuatan pupuk dari kotoran kambing. Namun Jika diadakan dirumah perorangan, pihak Kalurahan tetap harus diberi tahu untuk pembuatan undangan dan penyampaian anggaran. Anggaran Gapoktan yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan (APBKal) yaitu akomodasi pertemuan selama setahun berupa snek dan minum sebanyak Rp. 5.000.000,- dipotong pajak 10%.

 Pembinaan dari BPP yaitu ibu Paranita, menyampaikan tentang Rencana Dasar Kebutuhan Kelompok (RDKK) agar segera distor ke BPP Samigaluh. Pendataan luas sawah per kelompok setelah pelantikan menteri baru, dikumpulkan di Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo. Dinas Pertanian masih membuka proposal  pengajuan Asuransi Usaha Tani Padi ( AUTP) berupa alat pertanian, traktor, tracer, diesel / pompa air, ekuator dll, dilampiri foto copy Ketua Kelompok Tani. Komando strategi pertanian (Kostratan) menitik beratkan pada :kambing PE dan susu, bunga krisan, ayam jowo super, padi nutrisin yang baru tahap uji coba di Kelompok Tani Separang, Kalurahan Pagerharjo. KWT di tahun 2020 mempunyai tugas sebagai penyuplai sayuran untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terutama bagi para penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Jenis sayuran tersebut antara lain : jipang, buncis, kacang panjang, terong. Jika ada jaringan irigasi yang rusak dan memerlukan bantuan perbaikan, dapat mengajukan proposal ke Dinas Pertanian Kabupaten Kulon Progo.

Ketua Kelompok Gapoktan, bpk. Saparbe menyampaikan beberapa informasi antara lain : jika ada kelompok atau perorangan yang dapat menularkan ilmu yang didapat kepada kelompoknya ataupun masyarakat dapat mengajukan sebagai penyuluh pertanian dengan syarat : administrasi lengkap termasuk pendindingan, dokumentasi  dan lain sebagainya. Red Ra_Ni

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Lurah Carik Jogobyo Ulu-Ulu Danarta Kamituwa Panata Laksana Sarta Pangripta Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung