Kelompok Tani Menoreh Maju Bergeliat

Administrator | 12 November 2019 00:25:21 | Berita Desa | 130 Kali

Setelah ada aksi tentu memunculkan reaksi. Hukum sebab akibat itulah yang menjadi titik tolak kebangkitan, salah satunya adalah Kelompok Tani Menoreh Maju. Yang beralamat di Sumbo, Gerbosari Kecamatan Samigaluh.


Selaras dengan denyut kemajuan pembangunan dibidang pertanian, peternakan, dibawah perlindungan Kementerian Pertanian.
Kelompok Tani Menoreh Maju, ingin lebih berdaya membantu para petani, peternak untuk meningkatkan sumber pendapatannya. Seirama dengan itu pemerintah juga sangat memperhatikan, ditandai dikucurkannya bantuan mesin pemotong rumput.
Kami menyadari walaupun mesin itu menggunakan teknologi yang sederhana namun karena kami belum terbiasa, tentu penggunakaannya memerlukan waktu untuk mencoba dan berlatih. (alah bisa karena biasa).
Didorong oleh geliat kepala dukuh kami yang baru, dalam pertemuan routine pedukuhan pada setiap Sabtu Pon malam Minggu Wage, kami seluruh warga berkumpul untuk membahas, mendiskusikan, memusyawarahkan semua kebutuhan warga. Dalam musyawarah itu tersirat keinginan seluruh warga untuk mulai mengaktifkan kegiatan kelompok tani dan ternak, yang pernah dihibahkan kepada pedukuhan tahun 2014.

Dengan bekal doa seluruh warga, pengurus mulai lagi berbenah untukbmendata, menelisik, dan memindai (njlimeti) seluruh aset dan kekayaan kelompok.
Dalam melaksanakan amanat seluruh warga itu tentu pengurus tidak dapat berbuat banyak kalau tidak dibantu oleh seluruh warga, terutama warga yang masih menyimpan/memelihara ternak kelompok.
Berdasarkan amanat seluruh warga, kami pengurus bertekat untuk bekerjasebagai
Pelayan warga demi peningkatan kesejahteraan seluruh warga dan pemberdayaan warga petani dan peternak.

Setelah beberapa waktu lamanya pause (istirahat) pengurus segera akan mengadakan pertemuan pengurus, dan disepakati khususnya peternak kambing yang beberapa waktulalu mendapatkan hibah dari dinas pertanian kabupaten Kulon Progo.
Hibah yang bermula 19 ekor sekarang sudah berkembang penggaduhan tahap yang ke empat. Artinya setiap ekor telah beranan empat kali. Dengan demikian peternak penggaduh sudah dapat memetik keuntungan dari hibah ternak kambing tersebut. Walaupun beberapa kambing ada yang mati ataupun dijual karena jantan.

Pengurus mengambil kesimpulan beberapa peternak penggaduh yang terakhir akan dikumpulkan sebelum rapat pedukuhan malam Minggu Wage pada bulan Desember.

Aset kekayaan kelompok tani Menoreh Maju berupa : 1. Satu set mesin
pencacah rumput.
2. Satu bener papan
Nama kelompok.
3. Ember dan lain-
lain alat pemerah
susu.
4. Alat-alat pertanian
Dengan demikian, hibah bantuan pemerintah sudah dapat kami kelola dengan sebaik-baiknya dan mudah-mudahan kami seluruh warga sudah dapat berbuat sesuatu demi kesejahteraan bersama. Semoga Tuhan memberkati kami semua. Salam

Red-santo

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : JL. PANGAJI-PLONO. KM 4,2 KARANG, GERBOSARI
Kalurahan : Gerbosari
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 02742820979
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Data PKH Kalurahan Gerbosari

Data BPNT Kalurahan Gerbosari

Statistik SID

Data BLT Dana Desa

PETA PADUKUHAN GERBOSARI

APBKal Tahun 2021