You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Kelompok Tani Menoreh Maju Bergeliat

Administrator 12 November 2019 Dibaca 461 Kali

Setelah ada aksi tentu memunculkan reaksi. Hukum sebab akibat itulah yang menjadi titik tolak kebangkitan, salah satunya adalah Kelompok Tani Menoreh Maju. Yang beralamat di Sumbo, Gerbosari Kecamatan Samigaluh.


Selaras dengan denyut kemajuan pembangunan dibidang pertanian, peternakan, dibawah perlindungan Kementerian Pertanian.
Kelompok Tani Menoreh Maju, ingin lebih berdaya membantu para petani, peternak untuk meningkatkan sumber pendapatannya. Seirama dengan itu pemerintah juga sangat memperhatikan, ditandai dikucurkannya bantuan mesin pemotong rumput.
Kami menyadari walaupun mesin itu menggunakan teknologi yang sederhana namun karena kami belum terbiasa, tentu penggunakaannya memerlukan waktu untuk mencoba dan berlatih. (alah bisa karena biasa).
Didorong oleh geliat kepala dukuh kami yang baru, dalam pertemuan routine pedukuhan pada setiap Sabtu Pon malam Minggu Wage, kami seluruh warga berkumpul untuk membahas, mendiskusikan, memusyawarahkan semua kebutuhan warga. Dalam musyawarah itu tersirat keinginan seluruh warga untuk mulai mengaktifkan kegiatan kelompok tani dan ternak, yang pernah dihibahkan kepada pedukuhan tahun 2014.

Dengan bekal doa seluruh warga, pengurus mulai lagi berbenah untukbmendata, menelisik, dan memindai (njlimeti) seluruh aset dan kekayaan kelompok.
Dalam melaksanakan amanat seluruh warga itu tentu pengurus tidak dapat berbuat banyak kalau tidak dibantu oleh seluruh warga, terutama warga yang masih menyimpan/memelihara ternak kelompok.
Berdasarkan amanat seluruh warga, kami pengurus bertekat untuk bekerjasebagai
Pelayan warga demi peningkatan kesejahteraan seluruh warga dan pemberdayaan warga petani dan peternak.

Setelah beberapa waktu lamanya pause (istirahat) pengurus segera akan mengadakan pertemuan pengurus, dan disepakati khususnya peternak kambing yang beberapa waktulalu mendapatkan hibah dari dinas pertanian kabupaten Kulon Progo.
Hibah yang bermula 19 ekor sekarang sudah berkembang penggaduhan tahap yang ke empat. Artinya setiap ekor telah beranan empat kali. Dengan demikian peternak penggaduh sudah dapat memetik keuntungan dari hibah ternak kambing tersebut. Walaupun beberapa kambing ada yang mati ataupun dijual karena jantan.

Pengurus mengambil kesimpulan beberapa peternak penggaduh yang terakhir akan dikumpulkan sebelum rapat pedukuhan malam Minggu Wage pada bulan Desember.

Aset kekayaan kelompok tani Menoreh Maju berupa : 1. Satu set mesin
pencacah rumput.
2. Satu bener papan
Nama kelompok.
3. Ember dan lain-
lain alat pemerah
susu.
4. Alat-alat pertanian
Dengan demikian, hibah bantuan pemerintah sudah dapat kami kelola dengan sebaik-baiknya dan mudah-mudahan kami seluruh warga sudah dapat berbuat sesuatu demi kesejahteraan bersama. Semoga Tuhan memberkati kami semua. Salam

Red-santo

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image