You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Inilah 'MOMO ETAWA' Gerbosari Pemenang Kontes Kambing dan Sapi

Administrator 18 September 2019 Dibaca 546 Kali

GB news (18/9). Yoga Priatno warga Pedukuhan Sumbo Desa Gerbosari dengan kambingnya yang diberi nama 'MOMO ETAWA' berhasil menjadi pemenang juara 1 Kategori Calon Pejantan Kambing PE dam Kontes  Kambing dan Sapi Tahun 2019 dalam rangka Hari Jadi Kulon Ptogo ke 68 dan Lustrum X Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada yang diadakan di Pasar Hewan terpadu Pengasih kulon Progo pada hari Selasa 17  September 2019.

.Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar kontes sapi dan kambing di Pasar Hewan, Pengasih, Selasa (17/9/2019). Ajang ini merupakan salah satu upaya mengelorakan semangat peternak meningkatkan populasi hewan ternak.

 

Baca juga:

Momo Etawa makin eksis tembus Jawa Tengah dan Jawa Timur



“Ini sudah tahun kelima dan acaranya kontesnya diikuti 130 ekor sapi maupun kambing PE. Harapan kami, peternak semakin terpacu meningkatkan kualitas ternaknya,” ujar Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kulonprogo Nursyamsu Hidayat, Selasa (7/9/2019).



Kontes ini menjadi salah satu rangkaian peringatan HUT ke-68 Kabupaten Kulonprogo serta Lustrum ke-10 Fakultas Peternakan UGM. Selain kontes, juga dilakukan panen pedet. Di mana diikuti 400 ekor pedet, yang kontesnya sekaligus untuk mengevaluasi keberhasilan upaya khusus sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab).

Menurutnya, untuk kategori sapi, ajang yang dilombakan yakni calon induk, indukan, calon pejantan, pejantan, penggemukan sapi PO (lokal) dan penggemukan sapi non-PO. Sementara untuk kambing peranakan etawa (PE), kategorinya indukan, calon indukan, pejantan dan calon pejantan.

Dia menjelaskan, ternak yang ikut dalam kontes ini wajib mengikuti serangkaian pengecekan kesehatan dan berat badan. Kondisinya harus sehat dan memiliki berat badan ideal.

“Ternak yang memeroleh nilai tertinggi akan mendapat hadiah berupa piagam dan uang pembinaan,” katanya.

Sunarto, salah seorang peserta mengaku, Kelompok Mantep Samigaluh mengirimkan beberapa ekor kambing PE, baik pejantan, anakan maupun indukan untuk turun di ajang kontes ternak tersebut.

Dia mengatakan, setiap ekor sapi PE harganya bervariasi, tergantung kualitasnya. Bahkan satu ekornya ada yang bisa mencapai ratusan juta. Sementara untuk mendapat kambing yang berkualitas, peternak harus merawat dari ketersediaan makanan hijauan, konsentrat hingga vitamin. Kambing ini juga rutin dimandikan untuk menjaga kebersihannya.

“Untuk ternak yang bagus tidak kami jual ke luar, tetapi diambil turunannya,” tuturnya.

 

 

Sumber:

https://www.inews.id/daerah/yogya/jelang-hut-ke-68-kulonprogo-130-sapi-dan-kambing-ikut-kontes-ternak

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image