Selamat Datang di web resmi Desa Gerbosari           Mari Makaryo Mbangun Deso

 

Suasana berbeda di pertemuan kader balita Kalurahan Gerbosari

Administrator 24 Maret 2020 14:01:41 Berita Desa

Gerbosari news (24/3) Pertemuan rutin para kader balita Kalurahan Gerbosari yang biasanya dilaksanakan setiap tanggal 22 setiap bulannya, namun karena bulan ini tanggal 22 jatuh pada hari Minggu maka pertemuan rutin dilaksanakan pada hari ini, selasa 24 Maret 2020. Tempat di Gedung Serba Guna Gerbosari pada jam 9 seperti biasanya. Namun ada yang berbeda dalam pertemuan kali ini, yaitu para kader hanya perwakilan satu orang per posyandu / padukuhan, sebelum masuk ruang pertemuan mereka harus cuci tangan pakai sabun di air mengalir, jarak tempat duduknya dibuat berjauhan sekitar 1 meter antar kader. Hal ini dilakukan dalam rangka melindungi diri dan orang lain dari kemungkinan - kemungkinan yang tidak diinginkan, misalnya penyebaran virus Corona yang akhir - akhir ini baru menjadi momok didunia.

Pada pertemuan kali ini setelah pembukaan langsung sambutan dari pemerintah Kalurahan untuk mempersingkat waktu pertemuan. Biasanya setelah pembukaan, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KB. Selanjutnya sambutan dari koordinator kader balita tingkat Kalurahan, baru sambutan dari Pemerintah Kalurahan dan penyampaian materi dari Puskesmas maupun Penyuluh KB dll.

Sambutan dari pemerintah Kalurahan, dalam hal ini Lurah, Bp Damar, A.Md yang menyampaikan tentang = 1) Ucapan selamat datang pada ibu-ibu kader; 2) Pembentukan gugus tugas penanganan Covid. Lurah sebagai penanggung jawab program, penanggung jawab kegiatan Carik. Juga perlu dibentuk ditingkat padukuhan; 3) Pertemuan yang melibatkan lebih dari 30 orang yang sifatnya tidak mendesak agar ditunda, atau mengurangi jumlah peserta; 4) Dalam menyikapi wabah dunia (Corona) tidak perlu panik tapi waspada, informasi-informasi dari media sosial tidak semua diambil, perlu dicroscek benar tidaknya bisa ditanyakan ke puskesmas atau pihak lain yang lebih paham; 5) Padukuhan perlu mempunyai data orang dengan catatan ( orang yang pulang dari Luar Negeri atau kota yang endemik). Dicatat dan diinformasikan ke puskesmas; 6) Budayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) dan yang paling utama adalah selalu berdo'a agar dijauhkan dari mara bahaya, selamat dunia akhirat; 7) Himbauan para sanak saudara yang diluar negeri atau kota agar jangan pulang dulu sampai Situasi dirasa aman; 8) Memakai masker, tidak berdekatan, tidak bersalaman secara langsung.

Penyampaian materi yang pertama dari ibu Rusnawati, sebagai petugas penyuluh KB Kapanewon Samigaluh yaitu tentang = 1) Kita tdk pernah tau imun tubuh kita, sehingga kita harus menjaga dan berusaha memenuhi imun tubuh; 2) Cara menghadapi remaja, kita berlaku sebagai teman agar dia mau terbuka; 3) Tren kehamilan terjadi setelah selesai ujian Nasional. Awasi pergaulan anak - anak, berikan kegiatan yang bisa melupakan pikiran tentang lawan jenis, berteman dengan banyak orang tidak masalah yang penting bukan khusus tentang berdua (pria wanita); 4) Kesalahan dalam pendataan Pasangan Usia Subur (PUS) jumlah PUS lebih banyak dari jumlah Kartu Keluarga (KK), pendataan PUS harus benar karena digunakan untuk langkah tindakan selanjutnya; 5) Puskesmas Samigaluh 1 akan mengadakan pelayanan KB; 6) laporan PUS yg dipunyai masing-masing padukuhan agar sinkron dengan data puskesmas (Sistem Informasi Posyandu / SIP) karena SIP bisa digunakan oleh Puskesmas, PKK dan PLKB.

Dani Nugraha Putratama, AMd.Kl dari Puskesmas Samigaluh 1 menyampaikan tentang Covid 19 (Corona virus disease) mulai dari pengertian, penyebab, cara penularan dan cara mengatasinya / mengantisipasi. Red= Ra_Ni

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Jogobyo Ulu-Ulu Kamituwa Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung