You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

PERINGATAN 1 SURO

Administrator 25 Juli 2023 Dibaca 955 Kali
PERINGATAN 1 SURO

GERBO NEWS, 19/07/2023

1 suro atau yang biasa di kenal sebagai tahun baru islam bagi umat muslim. 1 suro tersebut banyak dirayakan dengan berbagai macam cara dan tradisi di wilayah masing masing. Layaknya seperti yang di lakukan di puncak suroloyo kelurahan Gerbosari ini. 1 suro di puncak suroloyo ini melakukan jamasan pusaka yang berasal dari Keraton Yogyakarta . Pusaka tersebut ialah tombak manggala murti dan songsong Mahkuta Dewa. Yang berawal dari kirab hingga menuju ke sendang untuk melakukan jamasan. Yang di hadiri oleh putri Sri Sultan Hamengku Buwono X yaitu Gusti Kanjeng Ratu Mangku Bumi dan di hadiri oleh anggota Dprd Kulon progo dra keksi Wuryaningsih , kepala  dinas terakit atau yang mewakili , kapolsek , danramil dan lurah gerbosari. Setelah acara sakral jamasan pusaka selesai dilanjutkan dengan rebut gunungan yang dimana gunungan tersebut berasal dari hasil bumi masyarakat setempat yang berubah sayur mayur dan lain sebagainya. Selesainya rebut gunungan di lanjutkan dengan pentasi seni jatilan atau kuda lumping wargo budoyo yang berasal dari pedukuhan sumbo , kalurahan gerbosari. 
Antusias masyarakat sangat terasa dalam acara tersebut . Terpantau banyak masyarakat dari luar DIY pun ikut memeriahkan acara 1 suro di puncak suroloyo tersebut. RED-ALDI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image