You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

PRODUKSI AGEN HAYATI MENUJU PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN.

Administrator 06 September 2019 Dibaca 444 Kali

Dengan adanya dampak negatif dari pestisida, maka dibutuhkan teknologi alternatif untuk meningkatkan produksi pertanian yang lebih aman.
Sekarang ini, banyak teknologi yang memungkinkan untuk dikembangkan dan relatif aman untuk lingkungan, seperti pemanfaatan Agen Hayati Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR).

Berbagai penemuan akan manfaat PGPR untuk pertanian telah dilaporkan oleh banyak peneliti di dunia. Antusiasme untuk mengkomersialkan rhizobacteria sebagai teknologi alternatif yang menjanjikan terutama untuk mengembangkan pertanian ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan input sintetik agrokimia (pupuk dan pestisida) kian meningkat dari waktu ke waktu.

Gerbosari sebagai salah satu sentra pertanian bunga potong Krisan,sudah sejak 2014 bekerjasama dengan Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) / Yogyakarta,mengembangkan agen hayati untuk mengurangi jumlah pengunaan pestisida kimia.Kelompok Seruni Menoreh pada kesempatan ini juga mengajak kerjasama dengan anggota KWT (Kelompok Wanita Tani) untuk membuat agen hayati yang nanti nya akan dimanfaatkan oleh petani Bunga Krisan. Melimpah nya bahan baku seperti akar bambu, jagung,dll menjadikan kegiatan ini juga sangat mudah untuk dilaksanakan.
Kerjasama yang baik ini juga memiliki dampak ekonomi bagi peningkatan penghasilan bagi KWT,dan petani yang menerima manfaat dari penggunaan agen hayati dan pupuk perangsang tumbuh.

Suharso sebagai ketua kelompok petani mengatakan bahwa kebutuhan agen hayati saat ini sangat diperlukan,namun karena jumlah SDM petani bunga krisan dan keterbatasan waktu, maka kami menggandeng ibu ibu KWT untuk ikut memproduksi agen hayati dan zat perangsang tumbuh,dan nantinya para petani tentu saja akan membeli produk mereka. Kegiatan ini juga sebagai upaya persiapan produk Krisan Samigaluh untuk mampu menembus pasar eksport.

Tuntutan pasar ekspor bunga Krisan ke Jepang juga memiliki standar kualitas dan perlakuan tanaman secara organik,karena itu perlu perlakuan budidaya secara alami dengan menggunakan berbagai agen hayati dan pupuk perangsang tumbuh organik. Red-adven

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image