You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Nguri-uri tradisi melalui BARITAN

Administrator 17 September 2019 Dibaca 438 Kali

Gerbosari news (17/9). Tradisi Baritan masih mewarnai Desa Gerbosari. Dengan tidak lekang oleh berjalannya waktu kami tetap mempertahankan budaya dan tradisi. Nenek moyang kita memang kaya akan peninggalan berbagai macam tradisi. Pagi tadi Selasa Kliwon 17 September 2019  hitungan pasaran Jawa bertempat di Bulak Nglebuh Pedukuhan Kemiriombo diadakan kenduri Baritan.

 

Baca juga:

Kerajinan dari lidi salah satu potensi masyarakat desa

 

Hal ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berkah yang telah dikaruniakan. Hal ini sesuai dengan makna Baritan adalah selamatan untuk semua rojo koyo atau sato iwen dan binatang piaraan. Agar semua tetap diberi tulus werdi ndadi dan berkembang biak untuk mencukupi kebutuhan hajat warga masyarakat. Demikian rangkaian acara yang sebelumnya didahului dengan selamatan Merti Dusun Kemiriombo. Itulah gambaran kenduri Tumpeng Brongsong tutur salah satu tokoh masyarakat yang enggan disebut namanya. Red.Mul.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image