You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

PENGRAJIN BIOLA ASAL GERBOSARI MAMPU MENEMBUS PASAR EKSPOR

Kepala Desa TTD 16 April 2018 Dibaca 420 Kali

 

 Gerbosari, 16 April 2018

Hasil karya pengrajin Japrak Biola ( Nama Kebesarannya) yang berada di Pedukuhan Jetis Desa Gerbosari,

selain menjadikan icon Seni Kerajinan bagi Desa Gerbosari, ini juga merupakan usaha Industri Seni Kreatif yang dapat meningkatkan Perekonomian dan Sumber Daya Manusia.

Dengan keahliannya ini Beliau mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri, keluarga maupunj orang lain di sekitarnya. Keramahannya mencerminkan budaya Jawa yang sangat kental melekat pada dirinya.

 

Sore itu diserambi tempat beliau menginspirasikan segala bentuk seni, sambil memetik gitar mulai bercerita.

“Dulu pernah ada orang Jerman dating kesini sampai tiga kali, mengajak saya sekeluarga untuk tinggal disana,”ucapnya disela jarinya lentik memetik setiap nada senar gitar.

“Tapi saya ga mau mas, saya tetap cinta Negara ini hehehe…,” ujarnya kembali sambil tertawa.

 

Menurut Pak Japrak bukan hanya Negara Jerman saja yang mengajaknya untuk tinggal dan bekerja disana sebagai pengrajin Biola maupun Gitar dan berbagai alat music, namunj dari salah satu Pertusahaan Musik ternama di Indonesia juga pernah mengajaknya untuk bergabung sebagai seorang Quality Control alat Musik.

Namun lagi – lagi dengan jawaban ringan dia menjawab bahwa masih cinta tanah Kulon Progo ini.

 

Japrak Biola adalah seorang pengrajin yang bukan hanya satu jenis alat music, Berbagai alat musik sudah beliau ciptakan dan diekspor sampai ke Negara tetangga khususnya Jerman dan Eropa.

Kemahirannya sebagai pengrajin berbahan dasar Kayu ini dimulai sejak masih remaja. Awalnya belajar pada salah satu perusahaan kerajinan ukir kota Jepara. Hingga akhirnya mengembangkan bakatnya di Tanah Gerbosari Samigaluh.

 

Selain menekuni kerajinan alat music, sesekali dalam seminggu beliau mengajak remaja sekitar memperkenalkan alat music karyanya dan sekaligus mengajarkan cara bermain alat music tersebut. Tujuannya adalah membangkitkan jiwa positif pada anak – anak remaja tersebut dengan kegiatan yang bermafaat.

 

Setiap hari hampir seringkedatangan tamu baik dari komunitas seni, Universitas maupun sekolah – sekolah di sekitar samigaluh untuk Study disana. Dengan senang hati beliau mengajarkan apa yang di miliki dan di kuasai selama ini.

Inilah salah satu dari beberapa Potensi Seni yang berada di Desa Gerbosari Samigaluh Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

(Joko Susetyo Art)

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image