You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Pertemuan Ustad Ustadzah Bulan oktober 2019

Administrator 03 Oktober 2019 Dibaca 400 Kali

Desa Gerbosari 3/10. Pertemuan Rutin Ustadz-Ustadzah Desa Gerbosari.Sudah menjadi agenda lapanan bagi paguyuban ustadz-ustadzah di Gerbosari.Lapanan dalam istilah orang di kampung sebagai pengganti waktu tiap bulan.Kalau satu tahun itu ada dua belas bulan jadi jika dihitung lapanan satu tahun ada sepuluh hitungan lapanan.Pertemuan ini berjalan rutin bagi anggota ustadz atau ustadzah di Desa Gerbosari.Saat ini di Gerbosari ada sekitar tiga puluh delapan orang anggota paguyuban ustadz yang aktif. Mereka mengadakan kegiatan dalam pertemuan di Gedung Seba Guna milik Pemerintah Desa Gerbosari.Tetapi ada kalanya kalau aula desa sefang dipakai sudah biasa bertempat di Masjid Al Ma'un Karang Gerbosari.

Paguyuban yang diketuai oleh Bapak Suradi ini sangat aktif, baik di masing-masing masjid pedukuhannya. Karena di Desa Gerbosari sendiri ada sekitar duapuluh tiga masjid dan delapan mushola.Di masing-masing masjid dan mushola ada kegiatan pengajian anak-anak.Istilah sekarang TPA ( Taman Pendidikan Al Qur'an ) di masjidnya.

Sedang pertemuan rutin di Desa Gerbosari para ustadz mendapat pembinaan dari Kementrian Agama di Kecamatan Samigaluh. Baik untuk tausiah atau tentang ilmu murotal dan seni baca Al Qur'an.Selanjutnya pertemuan juga mengadakan pembinaan yang diampu oleh penyuluh agama kantor KUA Kecamatan Samigsluh.Sedang acara tadi siang yang memberi tausiah bapak Muh Tamrin, S.Ag.Beliau memgisi tentang pemahaman akan adab dan aklak.Di mana untuk saat ini hal semacam sangat penting bagi anak-anak di TPA sebagai generasi penerus Islami.Demikian dikatakan salah satu ustadzah ibu Masiyah.

Sedangkan untuk para pembina yang biasa mengasuh dan memberikan tambahan pengetahuan ada penyuluh yang lainnya.Ibu Rahma dari Sidoharjo yang juga piawai dalam mengajarkan ilmu qoriah.Karena disamping pernah menjadi juara nasional pintar dalam membimbing MTQ atau Musabaqoh Tilawatil Qur'an.Selanjutnya para ustadz juga dibekali berbagai ilmu fiqih dan lain sebagainya.Untuk kegiatan rutin ustadzah ini difasilitasi oleh Pemerintah Desa Gerbosari.Hal ini agar para ustadz mempunyai beksl yang cukup dalam membimbing adik-adik di TPA. Red-mul

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image