SOSIALISASI INFORMASI PASAR KERJA ONLINE (https:ayokitakerja.kemnaker.go.id) DI DISNAKERTRANS KP

Administrator | 30 Oktober 2019 01:14:23 | 102 Kali

Salah satu tolok ukur keberhasilan pelayanan antar kerja adalah efektifitas dan efisiensi penyebarluasan informasi pasar kerja melalui bursa kerja online. Konsep Bursa Kerja OnLine disini adalah tempat pelayanan Kegiatan Penempatan Tenaga Kerja yang meliputi pendaftaran pencari kerja, pendaftaran lowongan dan proses penempatan yang dilakukan secara daring. Pada kegiatan Pelayanan antar kerja ini secara konseptual meliputi pelayanan informasi pasar kerja (bagi pencari kerja dan pengguna kerja/perusahaan), penyuluhan dan bimbingan jabatan, serta perantaraan kerja melalui mekanisme antar kerja. Tujuannya tercapai penempatan tenaga kerja yaitu mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja agar pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya serta bagi pemberi kerja memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi syarat jabatan yang dibutuhkan. Untuk itu perlu dilakukan penyebarluasan informasi pasar kerja yang lebih luas lagi.

     Media yang dipergunakan untuk menyebarluasakan informasi pasar kerja di Kulon Progo sangat beragam. Mulai dari media sosial (facebook, instagram, twitter, aplikasi mobile, dll), media website official OPD (nakertrans.kulonprogokab.go.id) dan bursa kerja yang dikembangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI yaitu melalui portal https://ayokitakerja.kemnaker.go.id. Portal bursa kerja ini diamanatkan oleh Kementerian untuk diaplikasikan di daerah, sehingga diharapkan melalui portal ini pencari kerja aktif mendaftarkan diri (AK/I) begitupula dengan pengguna kerja/perusahaan agar aktif mendaftarkan lowongan kerja di perusahaan masing-masing.

     Di sisi lain ternyata masih banyak perusahaan/pengguna tenaga kerja yang belum mengetahui terkait dengan bursa kerja tersebut. Karena itulah maka pada Senin 21 Oktober 2019 dilaksanakan Pertemuan Koordinasi dengan Perusahaan dalam rangka Sosialisasi Informasi Pasar Kerja.

     Tujuan dari sosialisasi ini adalah memperkenalkan portal bursa kerja https://ayokitakerja.kemnaker.go.id agar perusahaan yang hadir lebih mengenal dan mampu mengoperasikan portal tersebut dalam hal pendaftaran akun perusahaan dan pendaftaran lowongan kerja.

     Disampaikan oleh penyaji (Esti) bahwa https://ayokitakerja.kemnaker.go.id merupakan media informasi pasar kerja online (bursakerja online) yang dikembangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI yang bertujuan untuk membantu dan mempertemukan antara pencaker & pengguna TK dalam rangka penempatan tenaga kerja yang sesuai minat, bakat, kompetensi pencaker dan sesuai kualifikasi pengguna. Beberapa fitur di dalamnya :

  • Pendaftaran dapat dilakukan via web / gawai
  • Mudah penggunaannya
  • Memuat data pencari kerja yang terdaftar (AK/I) sehingga bisa memperoleh kandidat calon TK dari data pencaker terdaftar yang sesuai dengan kebutuhan
  • Masa tayang lowongan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
  • Lowongan terpublish secara nasional
  • Terintegrasi dengan Kemnaker RI sehingga pelaporan penempatan lebih termonitor
  • Proses pendaftaran dan pemanfaatan fitur di dalam web app & GRATIS

     Dari 17 undangan wakil perusahaan yang hadir diantaranya memberikan respon postif berupa diantaranya langsung mendaftarkan akunnya di portal tersebut.

     Sesuai dengan komitmen bersama bahwa baik perusahaan akan berusaha untuk aktif di portal informasi kerja ini, dari pihak DIsnakertrasn Kab. KP sendiri akan memberikan layanan konsultasi dan pendampingan terkait pendaftaran dan operasional portal tersebut.

Sumber berita

https://nakertrans.kulonprogokab.go.id/detil/2230/sosialisasi-informasi-pasar-kerja-online-httpsayokitakerjakemnakergoid-di-disnakertrans-kp

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : JL. PANGAJI-PLONO. KM 4,2 KARANG, GERBOSARI
Kalurahan : Gerbosari
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 02742820979
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Data PKH Kalurahan Gerbosari

Data BPNT Kalurahan Gerbosari

Statistik SID

Data BLT Dana Desa

PETA PADUKUHAN GERBOSARI

APBKal Tahun 2021