You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Setelah Lombok Utara Kini Jepang Study Banding ke Desa Gerbosari Kulon Progo

Administrator 29 September 2019 Dibaca 442 Kali

Desa Gerbosari 29/9. Desa Gerbosari menerima kunjungan dari Desa  Jepang  Kabupten Kudus. Sambutan dan Ucapan Selamat Datang oleh Kepala Desa Gerbosari. Harapannya dengan kunjungan ini bisa bertukar informasi khususnya pada kegiatan-kegiatan yang meliputi :Bumdes Binangun Sejahtera Gerbosari, Hatinya PKK, P2WKSS, Posyandu, Kelompok Wanita Tani dan Paguyuban Bunga Potong Krisan. Beliau juga menjelaskan mengenai bagaimana kesinambungan dari beberapa kegiatan tersebut. Sebagai contoh mengenai Kegiatan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau sering disebut dengan HATINYA PKK, dengan terbentuknya Kelompok Wanita Tani (KWT) semua Warga Desa Gerbosari diwajibkan untuk menanam tanaman di sekitar rumah, harapannya dengan kegiatan ini warga tidak perlu membeli sayuran di luar, tetapi bisa memanen sendiri sayurannya seperti slogan "Iso Nandur Ngopo Tuku" dan menambah perekonomian bagi ibu rumah tangga.

Sambutan Kepala Desa Jepang. Dalam sambutanya, Tujuan kami datang ke Desa Gerbosari ini yaitu untuk ngangsu kawruh atau untuk bertukar ilmu dan juga menjalin silaturahmi. Beliau juga menyampaikan harapannya dari Desa Gerbosari nanti kami bisa bersama-sama menjadikan Desa Jepang semakin maju lagi.

Paparan oleh Ketua TP.PKK Desa Gerbosari, Ibu Dyah Yekti Indrajati, S.Si.,M.Sc diantaranya :

  1. Peranan Pemerintah Desa Gerbosari sebagai fungsi Pembinaan dan pembiayaan
  2. Peranan TP.PKK Desa Gerbosari sebagai fungsi penentu, pendorong, sosialisasi dan pembinaan.
  3. Peranan Kelompok Wanita Tani sebagai penggerak HATINYA PKK
  4. Peranan Masyarakat sebagai ujung tombak kegiatan utama dari HATINYA PKK
  5. Dan inovasi-inovasi yaitu Sampah jadi batik (Ecoprint), Sampah jadi uang (Atsiri), Dawet temu ireng, Pedukuhan Santun Merokok (PESAN ROK)

 

Baca juga:

Lombok Utara Ikut Serbu Gerbosari

 

Paparan oleh Koordinator Kader Balita Posyandu Harapan Pedukuhan Clumprit, beliau menyampaikan inovasi diantaranya :

  1. Kartu Balita Bintang Sehat sebagai penyemangat untuk balita yang naik berat badannya akan mendapatkan hadiah
  2. Catatan Hati Seorang Ibu (CHSI) yaitu buku catatan penyuluhan Ibu Balita saat penimbangan Balita
  3. Warung Hijau sebagai PMT Balita dan hasil penjualannya untuk membeli Hadiah Balita yang mendapat bintang (Naik berat badannya)
  4. Group Peduli Posyandu
  5. Kampung Bebas Asap Rokok
  6. Kelas Bapak sebagai media penyuluhan terhadap bapak-bapak tentang pentingnya peranan bapak dalam perkembangan anak/balita.

Dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab, dalam sesi ini perwakilan dari Desa Jepang menanyakan bagaimana mengintegrasikan seluruh SDM yang ada agar dapat mendukung kegiatan HATINYA PKK di Desa Gerbosari ? Kepala Desa Gerbosari menyampaikan bahwa di Desa Gerbosari ini terdapat 19 Pedukuhan yang di masing-masing Pedukuhan terdapat Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani, dll dari situlah keterpaduan antara Kelompok tersebut terjalin, dan terdapat komitmen bersama yaitu "Menjadikan Desa Gerbosari Maju" dan tidak lupa selalu bekerjasama dengan Dinas Pertanian/BPP di wilayah kecamatan setempat. Monitoring kegiatan juga dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Samigaluh yaitu Lomba Tilik Pedukuhan yang dilaksanakan setiap tahun.

Kesan dan Pesan dari Kepala Desa Jepang, Mejobo, Kudus. Beliau menyampaikan dari berbagai inovasi yang disampaikan, kami menjadi terinovasi dan lebih semangat, selanjutnya kami ucapkan terima kasih sudah diterima di Desa Gerbosari dengan senang hati. Harapannya komunikasi tetap terjalin dan bisa saling sharing, dan mohon maaf bila kedatangan kami terdapat hal yang kurang berkenan dihati. RED-ERAT

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image