You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

'Kidung ing Gerbosari' ikut pentas Rintisan Desa Budaya di TBK Kulon Progo

Administrator 21 Agustus 2019 Dibaca 418 Kali

Gerbosari yang letaknya di perbukitan menoreh,memiliki upacara adat yang unik yaitu “Jamasan Pusaka”. Acara ini dilaksanakan di puncak pegunungan yang dikenal dengan nama Gunung Suroloyo. Pusaka yang di jamas adalah pusaka titipan dari Kraton Yogyakarta yang bernama Songsong Kyai Makutho Dewo dan Kyai Manggolomurti
Jamasan Pusaka dilaksanakan setiap 1 Syuro, dengan tata cara kedua pusaka dibawa kirab di wilayah Pedukuhan Ceme, lalu dibawa ke Sendang Kawidodaren untuk dijamas.
Upacara adat Jamasan Pusaka ini yang menginspirasi garapan Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya Gerbosari . dikisahkan tentang makanan khas Gerbosari oleh tampilan kethoprak, kemudian ada seorang pemudi yang sedang mencari kekasihnya, menanyakan kepada anak - anak yang sedang bermain, di gambarkan dengan tampilan “Dolanan Anak”. Kemudian anak-anak menjawab bahwa mungkin kekasihnya itu sedang berada di latihan Bangilun, Jathilan, Sholawat atau mungkin lagi nonton wayang yang sedang giat berlatih untuk menghadapi acara Upacara Adat Jamasan Pusaka.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image