You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

TP PKK Kabupaten Karangasem Provinsi Bali Berkunjung ke HATINYA PKK Desa Gerbosari

Administrator 12 Desember 2019 Dibaca 371 Kali

Gerbo News 12/12 Hari ini Rabu, 12 Desember 2019 Desa Gerbosari dapat kunjungan dari Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Kunjungan ini dalam rangka peningkatan wawasan dan pengetahuan serta mendukung program TP PKK Kabupaten Karangasem, Bali. Rombongan yang berjumlah 18 orang tiba di Desa Gerbosari pada pukul 12.30 WIB. Rombongan dipimpin oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali beserta dengan Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali dan pengurus untuk semua Pokja.

 

Dalam kunjungan ini diterima langsung di Gedung Serba Guna Desa Gerbosari oleh Kepala Desa Gerbosari beserta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa serta Ketua TP PKK Desa Gerbosari beserta anggota. Dalam kesempatan ini juga hadir dari Pengurus TP PKK Kabupaten Kulon Progo dan TP PKK dari Kecamatan Samigaluh.

Kegiatan ini kunjungan atau Study Tiru ini difasilitasi oleh BUMDesa Binangun Sejahtera Gerbosari yang mana di Desa Gerbosari setiap kegiatan kunjungan dilaksanakan melalui BUMDesa Binangun Sejahtera Gerbosari.

 

Mengawali kegiatan dibuka dengan doa bersama dan dilanjutkan ucapan selamat datang yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Bapak Susilo selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo. Dalam sambutan beliau mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari TP PKK Kabupaten Karangasem, Bali. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan bahwa semua penghargaan yang diperoleh oleh Desa Gerbosari tidak terlepas dari sinergi yang terjalin dari seluruh masyarakat dengan Pemerintah baik tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten serta Propinsi. Sinergi terjalin melalui pembinaan dan pendampingan. Dalam sambutannya Bapak Susilo juga mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Kunjungan ini merupakan kunjungan yang kesekian kalinya Ke Desa Gerbosari, dimana sebelumnya juga telah banyak Kabupaten serta Desa-desa yang melakukan kunjungan ke Desa Gerbosari untuk melihat secara langsung kegiatan yang ada di Desa Gerbosari.

Selanjutnya Sambutan dari perwakilan dari rombongan TP PKK Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali yang pertama diwakili oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Karangasem yang menyampaikan terkait kunjungan yang dilaksanakan pada hari ini. Sambutan yang kedua disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Karangasem Ny. Sarimi Artha Dipa. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan wawasan, pengetahuan serta untuk mendukung 10 program pokok PKK. Kunjungan atau Study Tiru ini dilaksanakan ke Desa Gerbosari karena pada Tahun 2019 ini Desa Gerbosari memperoleh peringkat Pakarti Madya I Tingkat Nasional sebagai Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya) PKK.

 

Setelah sambutan dari perwakilan rombongan dari Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali dilaksanakan tukar souvenir dengan acara berupa pengalungan kain Batik produksi asli dari Desa Gerbosari oleh Kepala Bidang Kemasyarakatan Desa kepada perwakilan rombongan, serta pengalungan kain khas Bali oleh Ketua TP PKK kabupaten Karangasem kepada Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo beserta penyerahan oleh-oleh.

Acara selanjutnya adalah presentasi dari Ketua Tim Penggerak PKK Desa Gerbosari Ibu Dyah Yekti Indrajati, M.Sc tentang kegiatan PKK di Desa Gerbosari. Dalam paparannya Ketua TP PKK Desa Gerbosari menyampaikan berbagai inovasi serta sinergi yang dibangun sejak dini sehingga Desa Gerbosari bisa meraih peringkat Pakarti Madya I Tingkat Nasional Tahun 2019 ini. Usai presentasi dilanjutkan dengan tanya jawab. Ibu-ibu Tim PKK Kabupaten Karangasem yang sangat antusias  berbagi pengalaman, diantaranya adalah pertanyaan- pertanyaan tentang kriteria kenapa Desa Gerbosari bisa lolos dan menjadi juara hingga tingkat Nasional. Dalam sesi tanya jawab ini yang paling menarik perhatian dari rombongan adalah terkait pengolahan sampah menjadi uang yang mana dilakukan melalui penyulingan daun cengkeh.

Setelah acara paparan dan diskusi selesai  dilanjutkan dengan orientasi lapangan. Rombongan melakukan kunjungan lapangan melihat situasi sebenarnya di lingkungan. Pada kesempatan ini sampel yang digunakan adalah KWT ASRI di Pedukuhan Menggermalang yang meraih apresiasi sebagai Pengelola terbaik Tingkat Nasional dan juga Peringkat Pakarti Madya I Tingkat Nasional sebagai Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya) PKK tahun 2019. Dalam kunjungan ini juga diadakan pameran produk-produk olahan khas dari Desa Gerbosari.Red.Febri

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image