You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Internret Gratis Melalui Jaringan Internet Desa dari Danais

Administrator 16 November 2019 Dibaca 424 Kali

Gerbo News 16/11. Kamis 14 November 2019 Sekretaris Desa Gerbosari mewakili Kepala Desa Gerbosari mengikuti Rapat kordinasi tentang Sistem Informasi Desa gertempat di Ruang Sermo Komplek Pemkab Kulon Progo yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupate Kulon Progo. Acara diawali oleh sambutan Sekretaris Dinas Kominfo BapakĀ  Heri Darmawan yang menyampaikan tentang adanya Sistem Informasi Desa itu akan mempermudah pekerjaan, semua arsip yang ada di desa akan terarsipkan secara digital, dan akan mempercepat informasi kepada masyarakat melalui web desa, sehingga desa-desa yang ada di Kabupaten Kulon Progo diharapkan meanfaatkan sebaik-baiknya.

Materi kedua disampaikan oleh Kasi keuangan dari Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Dalduk dan KB Bapak Joko Sunanto yang memaparkan regulasi tentang Desa mulai dari UU 6 Tahun 2014 beserta turunannya berkaitan dengan kewajiban desa menyediakan semua informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan kepada warga masyarakat.

Materi Ketiga disampaikan oleh Kadib Aplikasi Tehnologi Informatika Bapak Sutarman yang menyampaikan tentang tenis pelaksanaan Jaringan Internet Desa bahwa pada tahun lalu telah terpasang Jaringan Internet Desa di 20 Desa dan di tahun ini ada70 desa terpasang dan sisanya 7 Desa akan terpasang tahun depan. Juga disampaikan bahwa desa diharapkan menganggarkan sarana pendukung berupa Komputer, akses point dan facescan (untuk absensi kehadiran perangkat desa system wajah) sebesar Rp 77.000.000,- Juga menyampaikan beberapa desa telah memaksimalkan web desa yaitu desa Gerbosari dan Karangsari. Desa Gerbosari sebagai dsa pengunjung web terbanyak tiap hari nya sekitar 2000 pengunjung per hari dengan rekor pengunjung sebesar 13.885 pengunjung pada hari sabtu 9 november 2019.

Dengan paparan itu seorang wartawan SCTV menanyakan apa tujuan dan manfaat Sistem Informasi desa dan mewawancarai diluar ruang rapat. Kami menyampaikan bahwa SID bertujuan untuk mempercepat pelayanan dan informasi. Pelayanan di desa dengan sekali memasukan NIK warga maka surat yang dinginkan langsung muncul yinggal cetak. Sedangkan dalam mempercepat informasi Desa Gerbosari telah mengajakan pelatihan sebanyak 35 orang wartawan desa yang diharapkan akan menginformasikan kegiatannya di maisng-masing pedukuhan. Dengan ada jaringan internet desa yang telah terpasang maka jaringa interne akan dipancarka ke semua pedukuhan dan pedukuhan dapat mengadakan sara untuk menerima sinyal internet itu di tempat umum yang bisa dimanfaatkan warga masyarakat yang biaya bandwit per bulan akan ditanggung oelh Pemerintah DIY melalui Danais. Red-wit

Saksikan videonya:

https://www.youtube.com/watch?v=92L4K7AZIxk&feature=youtu.be

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image