You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Bocoran Terpanas Kursi Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Administrator 21 Oktober 2019 Dibaca 422 Kali

Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sudah resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Kini, siapa yang bakal menjadi para pembantu alias menteri di kabinet Jokowi menjadi sorotan.

Semasa awal Pilpres 2019, Jokowi diusung dan didukung oleh koalisi yang terdiri dari sembilan partai politik, yaitu PDIP, Golkar, NasDem, PKB, PPP, Hanura, PSI, Perindo dan PKPI. Setelah proses berjalan, baru lah PBB merapat.

 

Lima dari sepuluh partai itu kemudian berhasil duduk di parlemen. Jika dihitung-hitung, maka kursi dari koalisi Jokowi-Ma'ruf itu merupakan mayoritas di DPR RI.

Sejumlah partai sempat blak-blakan soal tentang jumlah ataupun posisi menteri yang diincar. Jokowi sendiri mengatakan dirinya sudah selesai menyusun nama-nama menteri lewat kode telepon tergantung yang diunggah di akun Instagram-nya.

Mereka yang disebut-sebut bakal menjadi menteri dari Golkar antara lain Ketua Umum Airlangga Hartarto, eks Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita serta eks Pimpinan Komisi II DPR Zainudin Amali. Satu lagi disebut-sebut masih belum ditentukan.

Berikutnya NasDem yang punya 59 kursi dikabarkan bakal mendapat tiga kursi menteri. Nama-nama seperti Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo diisukan menjadi pilihan Jokowi. Viktor digadang-gadang menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).


Partai PPP juga disebut bakal mendapat jatah. Ada dua kursi menteri atau satu kursi menteri dan satu kursi wakil menteri yang dikabarkan bakal diduduki kader PPP. Nama Plt Ketum Suharso Monoarfa, Arsul Sani dan Zainut Tauhid digadang-gadang masuk kabinet.

Tak cuma partai pengusung yang dapat jatah. Partai Gerindra yang semasa Pilpres 2019 mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga diajak bergabung.

Ada dua kursi menteri yang kabarnya bakal diisi kader Gerindra, yakni Menteri Pertahanan dan Menteri Pertanian. Dua nama yang disebut-sebut masuk kabinet Jokowi adalah Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo.

Meski demikian, pengumuman nama menteri-menteri ini merupakan hak prerogatif presiden.
(haf/tor)
 

Sumber berita:

https://news.detik.com/berita/d-4753648/bocoran-terpanas-kursi-menteri-kabinet-jokowi-maruf

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image