You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Pertemuan rutin Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Kecamatan Samigaluh

Administrator 12 Oktober 2019 Dibaca 399 Kali

Desa Gerbosari news (12/10) Pertemuan rutin Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan setiap 2 bulan sekali, lokasi pertemuan berpindah - pindah antar desa. Pertemuan kali ini, hari Kamis tanggal 10 Oktober 2019 diselenggarakan di Desa Sidoharjo, tepatnya di rumah bapak Qiyas yang berada disebelah Embung Sumoroto. Tujuannya selain melaksanakan pertemuan rutin, namun diharapkan bisa refreshing sekalian. Pertemuan kali ini dihadiri oleh Ketua Kelompok Kerja Keluarga Berencana (Pokja KB) Kecamatan Samigaluh, Petugas Penyuluh Keluarga Berencana (PeKB) Kecamatan Samigaluh, Puskesmas 1 & 2 Samigaluh, perwakilan 6 Desa yaitu Kasi Kemasyarakatan dan petugas entry data Kampung Keluarga Berencana (KKB), dan Kepala Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesra) Kecamatan Samigaluh. Seharusnya ada 7 Desa di Kecamatan Samigaluh, namun karena ada kegiatan lain yang tidak dapat ditinggalkan sehingga ada satu Desa yang tidak dapat menghadiri pertemuan rutin kali ini.
Narasumber pertama, ibu Dra. Sri Suprihatin, selaku koordinator Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Samigaluh menyampaikan tentang = undangan untuk besok pagi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana (PMD Dalduk & KB) Kabupaten Kulon Progo. Undangan tersebut untuk bapak / ibu Kasi Kemasyarakatan masing - masing Desa selaku Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan satu orang kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) sebagai pengentry data Kampung Keluarga Berencana (KKB) sekaligus pengentry data dalam Sistem Informasi Keluarga (SiGa). Pendataan keluarga dalam SiGa sesuai fakta yang tinggal diwilayah kita minimal selama 6 bulan, bukan berdasarkan data domisili dalam Kartu Keluarga.
Segala kegiatan yang dilaksanakan di KKB, harus dilaporkan secara online ke pusat. Khusus Samigaluh, hanya Desa Pagerharjo yang belum terpantau Pusat, mungkin karena terkendala sinyal/ jaringan internet. Pelaporan kegiatan, dilaporkan saat hari H pelaksanaan kegiatan agar tidak lupa. Kegiatan bakti sosial KB MOW akan dilaksanakan di Rumah Sakit Happy Land, Timoho ( sebelah barat kampus APMD) Jogjakarta, waktu pelaksanaan belum ada pemberitahuan dari BKKBN. Kasus kegagalan implan salah satunya karena orang tersebut sudah tidak memakai implan maupun alat kontrasepsi lainnya selama 7 tahun, menganggap dirinya sudah tua tidak mungkin hamil lagi, namun kenyataannya usia 49 tahun positif hamil.
Bapak Murni selaku ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berencana Kecamatan Samigaluh, menyampaikan bahwa kegiatan Kampung Keluarga Berencana (KKB) akan terus di monitoring dan dievaluasi dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten sampai Pusat.
Kasi Kesejahteraan (Kesra) Kecamatan Samigaluh, bapak Arif Isnanto mensupport kegiatan - kegiatan agar berjalan lancar serta meminta nama - nama pedukuhan yang akan menjadi lokasi penyuluhan Konseling, Informasi dan Edukasi (KIE). Masing - masing desa, 3 pedukuhan. Red - RaNi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image