You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Budi Daya Ayam Jowo Super di Kemiriombo Desa Gerbosari

Administrator 30 September 2019 Dibaca 483 Kali

Desa Gerbosari 30/9. Beternak Ayam Joper (Jowo Super) Cukup Menjanjikan. Dalam menghadapi pangsa pasar sekarang terhadap permintaan jenis ayam kampung. Sekarang yang sedang digemari beternak ayam kampung super atau lebih dikenal dengan ayam jawa super (jowo super). Hari ini Senin 30 mulai September 2019 warga masyarakat di Pedukuhan Kemiriombo sudah bisa menjual hasil ternak mereka. Saat ini untuk mendapatkan jenis ayam ini bisa datang ke kelompok peternak ayam terutama di Pedukuhan Kemiriombo. Karena hampir tiap warga sudah memulai dengan kegiatan ternak ini. Selain ayam ini bisa dipetik dari hasil telurnya juga dimanfaatkan dagingnya. Untuk memelihara ayam dan beternak bisa menghubungi Kelompok Wanita Tani " Kemuning" di Kemiriombo Desa Gerbosari Samigaluh. Alasan para warga memelihara ternak ayam ini karena disamping cukup menjanjikan juga sebagai tambahan pendapatan keluarga. Untuk menuju lokasi ternak ayam jawa super di Kemiriombo peminat dari arah Yogyakarta bisa melewati arah perempatan Dekso ke barat sekitar 8 km.

 

Baca juga:

Tak terduga kunjungan Irjen Kementan dari Jakarta di KWT Kemuning.

 

Ayam joper merupakan persilangan antara ayam jantan kampung dan betina petelur. Orang juga menyebut ayam kampung super atau kamper yaitu ayam kampung super. Tentang kelebihannya ayam jenis ini mempunyai tekstur tubuh yang lebih besar dan perawakan yang kekar. Sedangkan manfaatnya ayam ini lebih tahan terhadap serangan penyakit ayam. Sehingga dari segi pemeliharaan dan perawatan cukup mudah. Saat ini sudah memelihara 1.250 ekor dengan waktu ternak hampir dua setengah bulan sudah mencapai rata-rata berat 6 sampai 8 ons per ekornya. Disamping sebagai aktivitas warga yang mayoritas petani. Mereka juga bertanam sayuran dilahan pekarangan. Untuk pemanfaatan lingkungan pekarangan yang lebih maksimal tentunya. Mengenai manfaat yang lain tentu ini bisa menambah kesejahteraan warga. Miskipun ternak ayam joper ini baru memasuki satu tahun tetapi sudah bisa dirasakan hasilnya. Dan sampai saat ini sudah terjual hampir 325 ekor. Harapannya ayam joper ini juga di Peukuhan Kemiriombo tapi ke pedukuhan-pedukuhan yang lain juga mulai mengembangkan karena sama-sam memelihara ayam dan pakannya juga sama tapi lebih menguntungkan yang super.Red-Mul.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image