You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Kader Posyandu Ujung Tombak Kesehatan Masyarakat

Administrator 25 September 2019 Dibaca 467 Kali

Gerbosari news/25-9-2019. Pertemuan rutin kader posyandu balita.Desa Gerbosari mempunyai 19 posyandu balita dan 19 posyandu lansia, sesuai jumlah pedukuhan yang ada di Gerbosari. Kader balita biasanya mengadakan pertemuan rutin di Gedung Serba Guna Gerbosari tanggal 22 setiap bulannya, dengan catatan tidak jatuh pada hari libur. Seperti halnya bulan ini, tanggal 22 jatuh pada hari minggu sehingga pertemuan kader dilaksanakan hari selasa tanggal 24 September 2019.
Dalam pertemuan kali ini banyak pihak yang menghadiri, diantaranya : ibu - ibu kader balita se Desa Gerbosari, pemerintah desa dihadiri oleh staf kasi kemasyarakatan, bpk. Mulyono, Petugas penyuluh KB, bpk. Drs. Suyadi, serta bpk dan ibu dari Puskesmas 1 Samigaluh.

 

Baca juga:

KADER POSYANDU SELALU TAMPIL ENJOI

 

Dari Pemerintah desa menyampaikan tentang musim kemarau merupakan keadaan rutin tiap tahun, kita bisa menabung air di musim hujan dengan menampung air sehingga bisa dimanfaatkan pada saat musim kemarau untuk memelihara lele dan kebutuhan air untuk kehidupan sehari - hari. Untuk kegiatan keluarga berencana (KB) yang dapat dicontohkan adalah Dukuh2 yang sudah melakukan KB Pria (MOP) bisa ditiru yang lain. Pemerintah Kab. Kulon Progo menyarankan adanya gemar makan ikan, terutama bagi anak -anak yang sedang dalam masa pertumbuhan,karena ikan mempunyai banyak manfaat. Manfaat makan ikan yang pertama adalah baik bagi organ kardiovaskular seperti jantung, pembuluh darah arteri, dan pembuluh darah vena, karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan. Dengan rutin mengkonsumsi ikan, kita juga akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan gagal jantung serta manfaat lainnya. Selanjutnya menyampaikan anggaran dari APBDes 3 bulanan yaitu untuk snek minum pertemuan rutin, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) balita, honor kader dan honor pengentry SIP pedukuhan.

Dari Petugas Penyuluh KB (peKB) menyampaikan tentang KB. Tahun ini masih ada program KB pria berhadiah kambing seperti tahun - tahun lalu. Diharapkan Ibu- ibu kader agar menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang adanya BAKSOS KB MOW/ MOP BULAN OKTOBER 2019. Melayani : 1. MOP/ steril pria
2. MOW model lama
3. MOW Laparascopy/sistem ring
Monggo yg berminat. Bagi wanita yang gemuk ataupun punya bekas cesar tetap bisa dilayani dengan laparascopi.  Laparoskopi atau operasi lubang kunci adalah prosedur bedah minimal invasif yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil di dinding perut. Laparoskopi dilakukan dengan bantuan alat berbentuk tabung tipis bernama laparoskop. Alat ini dilengkapi dengan kamera dan cahaya di ujungnya. Melalui metode ini, dokter akan mampu melihat sejumlah kelainan, seperti infeksi, kista, fibroid, dan perlengketan, di dalam organ perut atau panggul. Selain itu, prosedur ini juga bisa diterapkan untuk keperluan pengambilan sampel jaringan dalam pemeriksaan biopsi.

Selanjutnya dari Puskesmas 1 Samigaluh menyampaikan beberapa hal tentang kesehatan terutama kesehatan ibu dan anak. Selain itu juga diadakan praktek survei pendataan anak stunting dengan sub tema asupan gizi, tidak lagi adekuat. Adekuat: mencukupi kebutuhan zat gizi yang diperlukan bayi. Tujuan pemberian makan pada bayi bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan gizi / asupan gizi tetapi juga penting untuk pendidikan seperti keterampilan makan, selera dan disiplin anak, serta untuk aspek psikologis seperti kepuasan serta interaksi antara orang tua dengan anak. red -RaNi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image