You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Tantangan Dalam Menghadapi Pembangunan Ekonomi Pariwisata Di Kawasan Menoreh

Administrator 15 Februari 2021 Dibaca 524 Kali
Tantangan Dalam Menghadapi Pembangunan Ekonomi Pariwisata Di Kawasan Menoreh

Tantangan Dalam Menghadapi Pembangunan Ekonomi Pariwisata Di Kawasan Menoreh

Pemerintah republik Indonesia melalui telah menetapkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur menjadi salah satu destinasi prioritas dalam mewujudkan 10 Bali baru. Pengembangan sektor pariwisata di kawasan Borobudur secara serius dilaksanakan pemerintah mulai dari pembangunan bandara baru bersekala internasional di Kulon Progo, hingga gagasan membangun konektfitas jalan bebas hambatan menjadi strategi yang dipilih pemerintah. Langkah lain seperti pengebangan daerah penyangga juga dilakukan oleh Badan Otorita Borobudur sebagai pengelola dan bekerjasama dengan beberapa Pemerintah Daerah diantaranya adalah Pemkab Kulon Progo, Purworejo dan Magelang. Ketiga daerah tersebut kemudian dibranding sebagai kawasan wisata Gelangrrojo dengan landscape utama adalah keindahan kawasan perbukitan Menoreh.
Pengembangan destinasi-destinasi penyangga KSPN Borobudur tersebut merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem industri pariwisata yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat sekitar. Namun dengan gagasan tersebut, Gerbosari yang notabene juga berbatasan langsung dengan daerah Borobudur serta memiliki destinasi ikonik yaitu Puncak Suroloyo apakah dapat bersaing dan mampu memanfaatkan momentum ini? Apakah berbagai produk UMKM yang beranekaragam mulai dari makanan hingga kerajinan tangan karya masyarakat Gerbosari dapat dilirik oleh wisatawan? Atau berbagai potensi tersebut akan menjadi pajangan etalasi pariwisata semata dan daerah Gerbosari hanya akan menjadi penghubung antar destinasi-destinasi disekitarnya? Menginggat daerah Gerbosari juga masuk dalam masterplan pembangunan Bedah Menoreh yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.
Pertanyaan-pertanyaan diatas merupakan sebuah gambaran akan  tantangan dimasa yang akan datang dimana industi pariwisata dapat dijadikan sebagai salah satu peluang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun disisi lain hal tersebut juga menjadi alarm akan tantangan apakah kita hanya akan menjadi penonton dan konsumen atas industri pariwisata atau kita dapat menjadikan momentum ini sebagai salah satu langkah untuk memajukan pariwisata dan industri kreatif di Kalurahan Gerbosari. Untuk mencapai titik tersebut tentu saja diperlukan sinergi antar elemen baik itu pemerintah desa/kalurahan, penggiat pariwisata, serta pelaku UMKM sehingga tercipta ekosistem dan tata kelola pariwisata yang dapat berdampak positif untuk semua pihak.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image