You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Lokarya Mini Lintas Sektor Kecamatan Samigaluh

Administrator 30 September 2019 Dibaca 459 Kali

Desa Gerbosari 30/9. Senin pon 30 September 2019 bertempat di Aula Kecamatan Samigaluh diadakan lokakarya mini lintas sektor. Acara ini diselenggarakan oleh Puskesmas Samigaluh 1 dengan dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) tahun 2019. Acara ini dihadiri oleh Camat Samigaluh, Kapolsek ,Danramil, Perwakilan dari Desa, PKK, dan kader.

Dalam sambutanya BPK Triyanto Raharjo S,Sos.M.Si mengutarakan bahwa asupan gizi dan ragam makanan yang diberikan pada anak akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan pola makan anak kedepannya. Bertindak sebagai narasumber pertama Bapak dr. Ananta Kogam M.Kes yang menjelaskan materi tentang Kebijakan PIS PK. Tujuan diadakan pendataan PIS PK ini untuk mengetahui strata kesehatan di masing-masing keluarga. Disampaikan oleh dr. Candra Safitri Kepala Puskesmas Samigaluh 1, bahwa di wilayah Puskesmas Samigaluh 1, capaian tertinggi di Desa Gerbosari yaitu keluarga sehat 50 persen, pra sehat 49 persen, dan belum sehat 1 persen. Disusul Desa Ngargosari, Desa Sidoharjo dan Desa Purwoharjo.

 

Baca juga:

Pengajian Akbar Nahdatul Ulama Tingkat Kecamatan Samigaluh

 

Rata rata kendala yang membuat keluarga menjadi pra sehat adalah masih ada anggota keluarga yang merokok. Dalam PIS PK ini memang indikatornya berbeda dengan PHBS. Kalau di keluarga sehat, jika ada anggota keluarga yang masih merokok, walaupun semua indikator yang lain sudah dilaksanakan, maka keluarga tersebut belum termasuk keluarga sehat. Berbeda dengan PHBS, walau masih ada anggota keluarga yang merokok, asal merokoknya diluar rumah dengan jarak 7.5 meter, keluarga tersebut sudah termasuk keluarga yang berPHBS (perilaku hidup bersih dan sehat). Dari evaluasi pendataan PIS PK ini menunjukkan bahwa di wilayah Puskesmas Samigaluh 1 masih mempunyai PR(pekerjaan rumah).

Ada 4 masalah yang harus mendapat perhatian dari lintas sektor yaitu :
1.Penderita hipertensi yang berobat secara rutin baru sedikit.
2.Penderita tb(tubercolusis) yang tertangani masih kecil.
3.ODGJ masih ada yang terlantar/belum berobat secara rutin.
4.Masih ada anggota keluarga yang merokok.

Pencapaian ini sudah bagus tetapi perlu ditingkatkan lagi.Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Semoga barokah dan manfaat. Salam sehat. Red-triw

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image