You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Pelatihan BUMDesa Binangun Sejahtera Gerbosari oleh Sekolah Vokasi UGM

Administrator 29 September 2019 Dibaca 407 Kali

Desa Gerbosari (28/9). Pemerintah Desa Gerbosari bekerjasama dengan Tim Pengabdian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melaksanakan pelatihan. Bertempat di Balai desa Gerbosari pada Sabtu, 28 September 2019 meliputi 3 jenis pelatihan yaitu Pengelolaan Keuangan BUMDesa, TOT Jurnalistik bagi wartawan desa dan Pelatihan Taman Edukasi bagi PKK. Semua pelatihan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya penggalian potensi dan penguatan kelembagaan serta pengembangan wisata desa.  Dalam pelatihan khusus untuk Pengelolaan Keuangan BUMDesa diikuti oleh Pengelola BUMDesa Binangun Sejahtera Gerbosari, Pengawas BUMDesa dan perwakilan dari UMKM dan pengurus Pokdarwis di Desa Gerbosari yang ke depan akan bersinergi dengan BUMDesa untuk mengembangkan wisata desa. Dalam pelatihan Pengelolaan Keuangan BUMDesa kali ini dipimpin langsung oleh beliau Ibu Anisa Nurpita SE, M.Ec. Dev selaku Ketua Pengabdian UGM.

 

Baca juga:

BUM Desa Gerbo dalam menembus BUMN dan Pemerintah DIY

 

Pada sesi pertama sebagai narasumber bapak Fai Zamzami SE, M.Acc QIA CMA yang menyampaikan materi khusus untuk pengelolaan Keuangan di BUMDesa. Disampaikan oleh beliau terkait pengelolaan berbasis online dimana saat ini sedang dikembangkan study Pembuatan Aplikasi Sistem Manajemen Aset (SIMASET). Dengan aplikasi ini akan lebih mempermudah untuk memantau alur kas yang ada di masing-masing unit usaha. Selain itu aplikasi ini akan lebih simpel karena dapat menggunakan handphone. Aplikasi ini akan di publikasikan rencana pada bulan Oktober 2019 ini. Pada sesi kedua dengan narasumber Ibu Anisa Nurpita SE, M.Ec, Dev dan Ibu Siti Muslimah SE, M.Sc menyampaikan materi terkait Struktur Organisasi BUMDesa dengan Unit-unit usaha dengan Tupoksi masing-masing. Dalam pemaparannya Ibu Anisa menyampaikan bahwa penentuan struktur organisasi dan tugas setiap pengurus serta pengelolaan keuangan BUMDesa dapat menjadikan pengelolaan BUMDesa yg lebih mandiri dan maju.

Pengelolaan BUMDesa diawali dgn membuat rencana bisnis BUMDesa di awal tahun untuk melihat apa saja target yg diharapkan dan berapa besarnya, terkait pelaksanaan pengelolaan keuangan yg baik, pencatatan rutin dalm setiap penerimaan dan pengeluaran dr smua unit usaha dilakukan secara berkala. selain itu penting juga utk selalu melihat rencana dan realisasi Sehingga setiap periode kita dapat melihat berapa target realisasi yg dicapai. apakah rencana yg diawal dpt tercapai semua di akhir tahun. Jika tercapai apakah ke depan akan ditingkat. kan lagi targetnya jika tdk tercapai apakah target thn dpn tetap sama atau perlu evaluasi dan pengambilan kebijakan yg hrs dilakukan utk meningkatkan pencapaian.
"Di sisi lain struktur organisaai BUMDesa beserta tugas pengurus menjadi unsur yang sangat penting untuk pengelolaan BUMDesa. Jika unsur tersebut sudah jelas maka BUMDesa lebih mudah utk mengarahkan pengembangan BUMDesa. Salah satunya dengan membuat variasi produk di dalam unit BUMDesa atau menambah unit usaha BUMDesa" tegas ibu Anisa. Red-Febri

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image