You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

KKN 76 UAJY Menyusun Program Kerja Bersama Warga Sumbo Desa Gerbosari

Administrator 28 September 2019 Dibaca 430 Kali

Desa Gerbosari 28/9. Dalam rangka memulai serangkaian acara kelompok 39 Unit I KKN UAJY 76 di Pedukuhan Sumbo Desa Gerbosari diadakan kegiatan live in yang dilakukan selama dua hari pada tanggal 28 September 2019 hingga 29 September 2019. Mahasiswa KKN UAJY kelompok 39 Unit I tiba di Pedukuhan Sumbo pada pukul 10.00 dengan tujuan utama menuju rumah  Dukuh Sumbo Bapak Kunanto. Mahasiswa dijamu dan disambut dengan kehangatan, selanjutnya Mahasiswa diajak untuk berkeliling untuk melihat kondisi lingkungan dan beramah tamah dengan masyarakat sekitar.  Pada malam hari mahasiswa diajak untuk berkumpul di rumah Bapak Kunanto guna membahas penyusunan program kerja. Acara perkenalan mahasiswa KKN dan penyusunan program kerja dihadiri Dukuh Sumbo, Sekretaris Desa,  Perwakilan Ibu-ibu PKK , perwakilan karang taruna dan perangkat desa lainnya. Acara penyusunan program kerja bertujuan untuk menggali potensi lingkungan maupun potensi masyarakat. Melalui acara tersebut diharapkan mahasiswa KKN UAJY 76 dapat membuat program kerja sesuai dengan kebutuhan dan berguna bagi masyarakat sekitar.

Baca juga:

Lupakan KKN di Desa Penari, di Jogja Ada Hantu Aisyah yang Suka Gangguin Driver Ojek Online

 

Acara dibuka oleh Dukuh Sumbo dengan menjelaskan secara singkat mengenai etika bermasyarakat, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai potensi desa. Pada masyarakat Pedukuhan Sumbo menjunjung tinggi adanya perbedaan agama yang dianut masyarakat, dimana dalam kehidupan sehari hari masyarakat saling menghargai satu sama lain, sebagai contoh nyata yaitu pada saat hari raya Natal dimana masyarakat non-kristiani melakukan ronda untuk berjaga-jaga keamanan sekitar terutama pada rumah-rumah yang sedang ditinggal untuk pergi beribadah. Seperti yang telah dijabarkan potensi yang dimiliki oleh Pedukuhan Sumbo yaitu hasil perkebunan cengkeh dan kelapa. Hal ini ditunjukan dengan 99%  masyarakat bekerja sebagai petani. Melalui potensi yang dimiliki dalam bidang pertanian diharapkan mahasiswa memiliki solusi untuk mengoptimalkan hasil tani dari berbagai aspek sebagai contoh aspek pemasaran, peningkatan kwalitas, pembibitan, dan pencegahan dari berbagai macam penyakit maupun hama.

Melalui kegiatan penyusunan program diharapkan terjalin kerjasama yang baik antara kedua belah pihak antara mahasiswa kelompok 39 Unit I  KKN 76 maupun masyarakat. Red-Yutta Armadefa

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image