You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Pesta Demokrasi Desa Gerbosari, 1 Incumben Terpilih Kembali

Administrator 23 Desember 2019 Dibaca 443 Kali

Gerbo news (23/12) Pesta demokrasi yang biasanya untuk memilih presiden dan wakil presiden ataupun wakil rakyat di tingkat Kabupaten sampai pusat, namun kali ini ada yang berbeda yaitu Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) juga dilakukan secara serentak di seluruh Desa se Kabupaten Kulon Progo, baik untuk pemilihan BPD perwakilan wilayah maupun perwakilan perempuan. Tidak ketinggalan juga Desa Gerbosari juga menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan BPD tersebut. Penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut, diloakukan selama 2 hari yaitu sabtu dan minggu tanggal 21-22 Desember 2019. Namun untuk pelaksanaannya tergantung masing – masing desa di Kabupaten Kulon Progo ada yang melaksanakan pemilihan anggota BPD perwakilan wilayah dihari Sabtu, sedangkan hari minggu untuk keterwakilan perempuan, namun ada juga beberapa desa yang melaksanakan pemilihan dari keterwakilan perempuan di hari Sabtu, sedangkan hari minggu baru pemilihan perwakilan wilayah.

 Hari sabtu tanggal 21 Desember 2019, Desa Gerbosari menggelar pemilihan anggota BPD perwakilan wilayah di 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berdasarkan daerah pemilihan (dapil) yang terdiri dari gabungan 3 – 4 pedukuhan. Para pemilih anggota BPD perwakilan wilayah adalah kepala keluarga atau dapat diwakilkan kepada istri / suami jika berhalangan hadir. Acara dimulai pukul 13.00 WIB dengan do’a bersama, perkenalan dan penyampaian visi misi masing – masing kandidat di masing – masing TPS. Dilanjutkan dengan voting dengan menulis nama kandidat BPD dikertas yang sudah disediakan panitia. Setelah semua para pemilih menggunakan hak pilihnya, selanjutnya dilakukan penghitungan suara. Hasil perolehan suara yang terbanyak merupakan BPD terpilih yang akan dilantik pada bulan Februari / Maret 2019.

Dapil 1                   = Eko Siswadi dari pedukuhan Jeruk

Dapil 2                   = Diah Pratiwi dari pedukuhan  Pengos A

Dapil 3                   = Wahyu Widiyanto, BA dari pedukuhan  Karang

Dapil 4                   = Untarto, S.Pd dari pedukuhan Tlogo

Dapil 5                   = Harmanto dari pedukuhan Kayugede

Dapil 6                   = Sumartono dari pedukuhan Sumbo

 Pemilihan perwakilan perempuan dilaksanakan hari minggu tanggal 22 Desember 2019 bertepatan dengan Hari Ibu.  Giliran para kaum  peremp[uan yang menggunakan hak pilihnya untuk memilih wakil mereka untuk menyampaikan aspirasi di Pemerintahan Desa. Acara pemilihan / pemungutan suara dimulai pukul 08.00 Wib – 12.00 WIB di masing – masing TPS dengan cara mencoblos foto atau nomer salah satu kandidat sesuai pilihan hati nurani masing – masing. Dengan perolehan suara terbanyak Tri Wahyuni Suprihatin (satu-satu nya incumben yang tersisa) mengalahkan 2 kandidat lainnya yaitu Sulastri, S. Psi dan Erna Marviani dengan selisih 244 suara. Red - RaNi

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image