You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas IPSM Kulon Progo oleh IPSM DIY.

Administrator 28 September 2019 Dibaca 549 Kali

Desa Gerbosari 28/9. Kasi Kemasyarakatan Desa Gerbosari mewakili Kec. Samigaluh menghadiri acara yang diselenggarakan oleh IPSM DIY. Acara tersebut adalah pembinaan dan peningkatan kapasitas IPSM Kab. Kulon Progo oleh IPSM DIY yang diadakan di ruang pertemuan balai Desa Kembang, Nanggulan pada hari Sabtu tanggal 28 September 2019.
Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PSM. Selanjutnya ucapan selamat datang oleh ketua panitia kepada seluruh peserta.

Sambutan pertama dari Bpk. Sucipto, dulu beliau adalah ketua dan penggagas PSM. Menyampaikan tentang apa saja yang perlu dipersiapkan dalam rangka kemah bakti IPSM Nasional, yang akan dilaksanakan pertama kali di Jogjakarta tepatnya di Desa Kembang, Kec. Nanggulan, Kab. Kulon Progo. Waktu pelaksanaan direncanakan tanggal 19 - 20 Oktober 2019. Para panitia harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, jangan sampai terjadi hal - hal yang tidak diinginkan seperti kejadian kemah bakti Karang Taruna beberapa waktu lalu di daerah Sleman, yang dinilai gagal. Panitia harus mempersiapkan tempat, proposal, susunan acara termasuk tempat transit para pejabat dari tingkat pusat sampai ke bawah. Para peserta dari luar Jogja sudah mulai mendaftarkan diri, antara lain dari Bali, DKI. Jakarta, Palangkaraya dsb.

Ketua Umum IPSM Jogjakarta, bpk. R. Anton Sutopo, menyampaikan tentang sejarah lahirnya Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Di Jogjakarta telah disepakati bahwa hari lahirnya PSM adalah tanggal 1 Juli 1975, ditingkat nasional belum diputuskan kapan hari lahirnya PSM, namun ada wacana mengikuti Jogjakarta, yaitu tanggal 1 Juli. PSM adalah seseorang sebagai warga masyarakat yang mempunyai jiwa pengabdian sosial, kemauan, dan kemampuan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan di bidang kesejahteraan sosial. Dulu gabungan PSM disebut Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FKPSM), namun sekarang diganti Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat yang selanjutnya disebut IPSM adalah wadah berhimpun PSM sebagai media koordinasi, konsultasi, pertukaran informasi dan pengalaman serta pengembangan kemampuan administrasi dan teknis di bidang kesejahteraan sosial. Alasan perubahan penyebutan tersebut, karena IPSM disejajarkan dengan organisasi - organisasi profesional lainnya, sebagai contoh Ikatan Bidan Indonesia (IBI dll).

 

Baca juga:

Kasi Kemasyarakatan berpartisipasi dalam Bedah RTLH

 

Pengurus panitia kemah bakti menyampaikan apa saja yang diperlukan dalam suatu organisasi, PSM khususnya. Hal - hal tersebut diantaranya Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga atau yang biasa disebut AD/ART adalah suatu dokumen yang menjadi landasan operasional dalam suatu organisasi. Diharapkan semua tingkatan IPSM membuat AD/ART sampai tingkat desa. Dalam penyusunannya harus mendasar pada AD/ART nasional. AD/ART harus menyebutkan tentang beberapa hal diantaranya : Nama Organisasi, Tanggal berdirinya, azas, tujuan, keanggotaan dsb. Acara kemah bakti direncanakan pembukaannya Sabtu tanggal 19 Oktober 2019, siang hari. Pelaksanaannya sampai Minggu tanggal 20 Oktober 2019.
red-RaNi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image