You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Gerakan Menanam Pohon Pelestari Mata air

Administrator 28 November 2019 Dibaca 466 Kali


Gerbosari news (28/11). Bertepatan pada Hari Kamis Pahing tanggal 28 November 2019, bertempat di Mata air Sekepyar, Kayugede Gerbosari, Samigaluh dilaksanan "Gerakan Menanam Pohon sekaligus Memperingati Bulan Menanam Pohon". Hadir dalam kesempatan ini Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo didampingi semua unsur Forkompinda Kabupaten Kulon Progo, anggota DPRD Dra Keksi Wuryaningsih, dan Suharto, Kepala Dinas Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta dan unsur terkait lainnya.
Rombongan Bupati disambut Camat Samigaluh, Triyanto Raharjo, S.Sos, M.Si beserta Forkompinca Samigaluh Danramil, Kapolsek Samigaluh beserta jajarannya. Juga nampak hadir Kepala Desa Gerbosari, Damar, AMd beserta perangkat dan Kepala Desa Pagerharjo, Purwoharjo dan perwakilan Kepala Desa di Kecamatan Samigaluh.
Acara dimulai dengan berdoa bersama dipimpin Kepala KUA Samigaluh dilanjutkan ucapan selamat datang dari Camat Samigaluh. Selanjutnya laporan kegiatan memperingati Bulan Menanam Pohon oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo. Sekilas sejarah tentang Mata air Sekepyar disampaikan oleh Suwando, selaku sesepuh masyarakat Kayugede. Sambutan Bupati Kulon Progo diawali dengan menyampaikan tema kegiatan yaitu "Memperbaiki Lahan Menyambut Masa Depan". Dan di kabupaten KulonProgo diimplentasikan dengan menanam pohon pelestari mata air seperti pohon aren, gayam, ringin, preh dan sejenisnya. Bapak Sutejo mengajak kepada semua yang hadir untuk sadar terhadap lingkungan. Bila memotong pohon maka sudah seharusnya langsung mengganti dengan menanam pohon baru. Beliau juga mengapresiasi kebijakan dari pemerintah kecamatan Samigaluh yang mewajibkan untuk menyediakan 2 pohon pelestari mata air bagi calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan di wilayah Samigaluh. Dengan kegiatan tersebut diyakinkan dalam kurun waktu 10 tahun maka mata air di wilayah Samigaluh akan terjaga kelestariannya sehingga semakin mensejahterakan masyarakat Samigaluh.
Sambutan ditutup dengan yel-yel:
1. Satu pohon sejuta manfaat
2. Menanam pohon panen air
3. Banyak pohon banyak rejeki
Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan penanaman pohon oleh Bupati Kulon Progo, Forkompinda di sekitar mata air di Sekepyar dan mata air Dersono oleh masyarakat pedukuhan Kayugede dan Menggermalang.
Red-rud

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image