You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Dewi Sri telah kembali

Administrator 14 September 2019 Dibaca 452 Kali

Gerbosari news/14/9/19. Jejer Dworowati, menceritakan bahwa Prabu Bethoro Kresno dalam pasewakan menerima tamu Raden Gatot Koco yang menceritakan bahwa negara Ngamarta lagi dilanda paceklik,  banyak tanaman yang ditaman para petani gagal panen. Raden Gatot Koco yang diutus oleh Prabu Puntodewo untuk meminta agar Prabu Bahatoro Kresno hadir ke Ngamarta untuk menyelesaiakn masalh tersebut. Ternyata pecekli juga melanda Nega Ngastina yang juga meminta Prabu Bethoro Krasno untuk hadir jyga untuk menyelesaiakn masalah tersebut.

Itulah yang lagi diceritakan wayang siang dengan lakon 'Srimuli' yang artinya Dewi Sri telah kembali. Wayang siang sebagai bagiaan dari puncak acara Bersih Desa Desa Gerbosari Sabtu 14 September 2019 yang sebelumnya telah dilaksanan berbagai macam kegiatan dan kesenian, yang juga ditempat terpisah masih berlangsung kesenian Jathilan dari SMK Kuncup Samigaluh.

 

Baca juga:

Warga desa padati Lapangan Sidowayah

 

Untuk mengetahui akhir cerita apakah Dewi Sri benar-benar kembalai ke Ngamarta dan dimana diketemukannya Dewi Sri silahkan saksikan di Halaman Kantor Desa Gerbosari. Setelah wayang siang ini, untuk nanti malam juga akan dilanjutkan wayang kulit semalam suntuk oleh Ki Radio Harsono. Bersih desa ini merupakan kegiatan tahunan untuk mendekatkan diri dengan sang pencipta agar semua doa-doa dikabulkan apa di tanam oleh warga masyarakat selalu menghasilkan panen yang melimpah. Selain itu juga untuk meneruskan 'nguri-uri kabudayan jawi' yang saat ini mulai dikembangkan di Desa Gerbosari. Terbukti telah lahir beberapa dalang cilik yang telah unjuk kebolehan di tingkat DIY dan mendapatkan nomer dan diberi kesempatan pentas Nasional di Jakarta. Red-wit

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image