You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Kesenian yang tak pernah pudar

Administrator 14 September 2019 Dibaca 457 Kali

Gerbosari news/ 14 September 2019. Jathilan merupakan kesenian lokal yang sering digunakan untuk meramaikan setiap acara mulai dari acara tasyakuran, bersih dusun hingga bersih desa. Di Desa Gerbosari terdapat lebih dari lima belas grup kesenian jathilan. Di acara Bersih Desa Gerbosari kali ini kesenian jathilan yang ditampilkan adalah Jathilan Turonggo Kuncoro Putro dari SMK Kuncup Samigaluh yang terdiri dari grup putra dan grup putri.  Antusias warga sangat tinggi dapat terlihat dari banyaknya warga yang memadati Lapangan Sidowayah Gerbosari tempat dimana acara pagelaran jathilan digelar. Dari awal kesenian dimulai jam 10.00 wib hingga akhir digelar masyarakat masih sangat banyak. Justru makin sore makin ramai. Tidak hanya warga Desa Gerbosari namun jg warga desa sekitarnya. Dengan tampilnya kesenian lokal adalah sebagai salah satu wujud langkah pelestarian budaya desa setempat.

 

Baca Juga:

Warga desa padati Lapangan Sidowayah

 

Lain dari kesenian yang lain, setiap tampil jathilan dah dipastikan penonton berdesak-desakan ingin kedepan agar melihat kesenian dengan jelas, dan penontonpun tidak akan bubar sebelum jathilan berakhir. wakaupun kesenian jatilan tidak menampilkan alur cerita seperti kesenian yang yang lain tapi penonton cenderung terkesima denga tarian dan iringan gamelan, terkadang tarian diikuti dengan kesurupan sehingga menambah pesona budaya jawa. Red-AMS

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image