You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Kerukunan Umat Beragama Cermin Sila Pertama Pancasila

Administrator 30 September 2019 Dibaca 438 Kali

Dalam rangka ulang tahun yang ke 92 gereja Santa Theresia liseux Boro, umat seluruh lingkungan di paroki Boro yang yerdiri dari 58 lingkungan secara serentak mengadakan ucapan syukur dengan mengadaka. Kenduri dilingkungan masing2 tidak ketinggalan umat di Wilayah 11 Yakni Samigaluh. Sehari sebelum puncak acara peringatan yg akan ditutup dengan misa Kudus besok selasa sore. Namun sebelum misa Kudus didahului penutupan Novena st. Theresia dari Jurang depok dan dilanjutkan perarakan patung st. Theresia menuju Gereja besar. Kenduri diatas merupakan ucapan ayukur seluruh umat yang selama ini selalu hidup berdampingan secara rukun dan damai. Anugerah hidup yang demikian itu merupakan anugerah yang luar biasa dari Tuhan. Tuhan selalu memberi berkat kepada kita semua umat yg berkehendak baik. Saudara2ku umat muslim yang berpartisipasi dengan mengikuti kenduri merupakan anugerah yang tiada tara bagi kami umat Kristiani yg hanya sedikit (minoritas). 

Kerukunan anatar umat beragama telah berlangsung dari zaman batu saampai sekarang masih terjaga, khusunya di Pedukuhan Sumbo Desa Gerbosari. Kita selalu bahu membahu dalam kehidupan duniawi mulai dari kerjabakti, gotong royong sampai saling menjaga keamanan, misalnya pada saat Idul Fitri semua warga umat yang beragama Islam pergi ke masjid maka kaum kristiani berkeliling kampung menjaga keamanan rumah rumah warga kaum muslimin dengan haparan kaum muslimin bisa beribadah dengan tenang tanpa harus kepikiran rumahnya yang ditinggal, apalagi kalau melihat berita-berita di media banyak yang memberitakan tentang pencurian. Di pergaulan sehari- hari juga kita berbaur tanpan harus memandang perbedaan keyakinan. Hal ini sebenarnya mencermintakan sila pertama pancasila, yang tanpa harus penataran ataupun namanya tapi telah mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan semoga kerukunan umat beragama ini tetap terjaga.

 

Baca juga:

Kepedulian umat Kristiani terhadap program bedah rumah

 

Kami hanya bisa berdoa semoga hidup kita bersama di dunia ini selalu menjaga kerukunan hormat menfhormati dalam keberadaban kasih. Doa sederhana ini kami lantunkan untuk kehidupan kita bersama di alam yang nqmanya dunia yang fana ini. Semoga Tuhan mengabulkannya amin. red-santo

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image