You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Nglarak blarak tingkat kecamatan Samigaluh

Administrator 14 September 2019 Dibaca 413 Kali

Gerbosari news/ 14 September 2019. Dinas Kebudayaan Kab. Kulon Progo menyelenggarakan perlombaan Nglarak Blarak. Nglarak Blarak merupakan suatu kebudayaan sekaligus olahraga yang berkembang di Kabupaten Kulon Progo, berawal dari masyarakatnya yang kebanyakan beraktifitas menderes nira kelapa, dimainkan dengan pelepah daun kelapa, bumbung kelapa dan diiringi dengan musik gamelan, hal ini menjadi kombinasi unik antara olahraga, kesenian dan budaya sekaligus menjadi hiburan. "Filosofi Nglarak Blarak yang kerap disingkat menjadi “nglabrak” yang dalam Bahasa Indonesia berarti menabrak, memiliki makna bahwa kita harus terus melawan kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan.

Nglarak Blarak atau dianggap suatu perpaduan antara edukasi, prestasi dan rekreasi. Dengan ini kita berharap bisa melestarikan dan mengembangkan permainan Nglarak Blarak mulai dari dari generasi muda bahkan ke semua wilayah sehingga menjadi identititas Kabupaten Kulon Progo,” tutur Asek 1, bpk. Jumanto, S.H.
Lomba nglarak blarak dilaksanakan di masing - masing kecamatan untuk selanjutnya para pemenang dari masing - masing Kecamatan akan diperlombakan ditingkat kabupaten.  

 

Baca juga:

Terjadi 'the dream final' akhirnya Pengos A juara 4x berturut-turut

 

Siang ini, sabtu tanggal 14 September 2019, untuk Kecamatan Samigaluh melaksanakan lomba nglarak blarak di lapangan Desa Pagerharjo. Desa Gerbosari turut berpartisipasi dalam lomba nglarak blarak tingkat kecamatan tersebut.
Para pemainnya terdiri dari 8 orang yang merupakan perwakilan dari beberapa pedukuhan. Sistim pertandingan yang digunakan adalah sistem gugur. Desa Gerbosari harus berhadapan dengan tim Ngargosari pada jam ke dua.
red - RaNi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image