You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Hajatan Di Puncak Tertinggi Kabupaten Kulon Progo

Administrator 01 September 2019 Dibaca 412 Kali

Setiap 1 suro / 1 Muharam Puncak Suroloyo di padatati oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Masyarakat berbondong-bondong ingin menyaksikan upacara yang sangat sakral, yaitu jamasan pusaka di sendang kawidodaren. Pusaka tersebut bernama : Tombak Manggolo Murti dan sebuah payung bernama Makutho Dewa kedua pusaka tersebut pemberian dari Sri Sultan HB IX.

Setiap 1 suro Pusaka tersebut di arak oleh bregodo sebelum nantinya di jamas / dibersihkan di sebuah Sendang Kawidodaren oleh juru kuncinya. Setelah dilaksanakan prosesi jamasan masyarakat yang datang berebut air sesuci agar mendapat berkah untuk kehidupan di tahun berikutnya.

Pada 1 sura tahun ini upacara jamasan di hadiri oleh Plt. Bupati Kulon Progo BapakĀ  Drs. H. Sutejo, Camat Samigaluh berserta Forkopinca, Kades Gerbosari berserta Perangkat, BPD Desa Gerbosari, serta unsur Lembaga Desa. Plt. Bupati Kulon Pogo BapakĀ  Drs. H. Sutejo dalam sambutannnya menyampaikan selamat tahun baru Hijrah kepada masyarakat pengunjung Suroloyo serta mengucapkan selamat atas terselenggarannya kegiatan karena kegiatan ini tidak lepas dari dukungan dari Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Desa Gerbosari, dan selanjutnya melepas Kirab Pusaka Tombak Manggala Mukti dan Songsong Makutha Dewa menuju sendang Kawidodaren untuk di Jamas.

Setelah dilaksanakan prosesi jamasan masyarakat yang datang berebut air sesuci agar mendapat berkah untuk kehidupan di tahun berikutnya. Red. Cak Nung

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image