You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Peningkatan Pendapatan Asli desa dengan mengembangkan BUM Desa

Administrator 27 November 2019 Dibaca 412 Kali

Gerbo News 27/11. Sabtu 23 November 2019 Forum Bum Desa se-Kecamatan Samigaluh mengadakan peningkatan kapasitas Bum desa dengan peserta semua pengolola Bum Desa, perwakilan pengawas Bum Desa, Pemerintah Desa dan dari pembina Bum Desa dari Kecamatan. Peningkatan kapasitas dilakukan di Pantai Klayar dan Goa Gong yang berada di Kabupaten Pacitan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang usaha di bidang pengembangan wisata. Bahwa sekarang ini masih banyak potensi wisata desa yang belum maksimal dalam pengembangannya. Dibutuhkan tenaga-tenaga berintegritas untuk mengembangkan unit usaha wisata, untuk mem-booming-kan wisata desa.

Sesuai amanat Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Teringgal tentang prioritas penggunaan Dana Desa bahwa mengoptimalkan Bum Desa merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa melalui penyertaan modal yang di anggarkan APB Desa. Desa Gerbosari pada tahun ini telah memberian penyertaan modal kepada BUM Desa yaitu untuk mengembangkan wisata Desa berupa Agrowisata Krisan yang letaknya di pinggir Jalan Pangaji-Plono KM 4 Pedukuhan Karang Desa Gerbosari. Dan sampai saat ini telah telah banyak wisatawan yang berkunjung baik wisatawan domestik maupun luar negeri. Hal ini tidak lepas dari kerjasama beberapa pihak yang berpartisipasi mengembangkan wisata desa diantaranya CSR PLN yang memerikan bantuan sarana fisik, juga peran Kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan BUM Desa sendiri yang mendapat amant mengelola wisata desa dari Pemerintah Desa Gerbosari.

Dari peningkatan kapasitas ke luar daerah dapat diambiil beberapa peluang yang bisa dikembangkan diantaranya kemungkinan dikembangkan paket wisata kawasan samigaluh. Paket wisata berpeluang dari jasa transportasi nya, kulinernya berupa makanan khas Gerbosari dan dimungkinkan membuat kenang-kenangan berupa kaos atau pakaian yang lain. Kedepannya diahrapkanpaket wisata itu telah mulai dipromosikan baik melalui media sosial atau melelui web resmi desa yang sampai saat ini telah dikunjungi ribuan visitor tiap harinya. Untuk pengunjung tetap akan selalu membuka web tiap harinya karena rasa ingin tahu terhadap berita terbaru yang setiap hari selalu di update. Red-wit

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image