You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Penelitian Mahasiswa S2 UGM tentang Empon-Empon Desa Gerbosari

Administrator 06 Oktober 2019 Dibaca 447 Kali

Desa Gerbosari 6/10.  Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM.Untuk serangkaian kegiatan dari mahasiswa salah satunya penelitian.Hari ini Jumat tanggal 4 Oktober 2019 ada empat orang dari salah satu fakultas yang ada di Universitas Gajah Mada.Dengan dipimpin oleh Hafizah Ainah mereka terdiri dari Yuliana Dwi Pratiwi, Yasur, Ardisn Munthe datang ke Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Kedatangan mereka untuk memenuhi dari kegiatan perkuliahan untuk tugas akhir.Dari serangkaian acara untuk menempuh tugas sebagai syarat disertasi bagi mereka di perkuliahan.Selanjutnya sebagai mahasiswa dari fakultas kehutanan.Untuk temanya menyangkut tumbuhan empon-empon di bawah pohon tegakan.

Sedang untuk hasil budidaya pohon tegakan meliputi pohon albazia, jati, mahoni dan jenis pohon yang lainnya.Untuk di wilayah Gerbosari bagian selatan sangat cocok tumbuh tumbuhan empon-empon dan jenis kayu atau pohon mahoni, jati, albazia.Dan dibawahnya bisa tumbuh berbagai jenis tanaman produktif yang lain.Hal ini yang mengilhami dari mereka untuk melakukan penelitian bagi mahasiswa dari fakultas kehutanan Universitas Gajah Mada. Karena bahan kajian dan penelitian ini juga sebagai prasyarat untuk menempuh tugas akhir untuk disertasi.Selanjutnya wilayah Gerbosari selatan memang sangat cocok kontur tanahnya tanahnya sebagai lahan untuk tanaman di daerah tegakan.Dari mulai keluasan lahan fan ketersediaan tanaman empon-empon.Mulai dari awal menanam hingga pasca panen.Selanjutnya untuk tahap awal penelitian mereka berkonsultasi dengan kelompok tani yang ada. Red.mul

 

Baca juga:

Empon - Empon Is One Of The Superior Herbs

 

Empon-empon atau dalam taksonomi tumbuhan masuk ke dalam suku Zingiberaceae diperkirakan memiliki 50 genus dan lebih dari 1000 spesies. Dari 1000 spesies yang ada, baru belasan rimpang yang dimanfaatkan secara optimal sebagai tanaman obat, bumbu dapur, kosmestik, dan asesori upacara adat. Sementara sisanya masih belum tereksplor secara maksimal, padahal secara fitokimia, suku empon-emponan memiliki kesamaan yang bermanfaat sebagai obat herbal. Jenis empon - empon yang sering digunakan untuk pengobatan (tanaman obat keluarga / toga) antara lain : jahe, temulawak, kunyit, temu ireng, temu putih dan lain sebagainya. Contoh pemanfaatan empon - empon bagi warga Kemiriombo yaitu temu ireng diolah menjadi cendol, ada juga yang memanfaatkan temulawak sebagai jamu yang kaya manfaat.  (https://www.brilio.net/creator/sebagai-tanaman-obat-13-empon-empon-ini-kaya-akan-manfaat-ec3d47.html)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image