You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

KWT Penggerak Hatinya PKK di Desa Gerbosari.

Administrator 03 Oktober 2019 Dibaca 910 Kali

Desa Gerbosari. Kelompok Wanita Tani (KWT) adalah motor penggerak bagi masyarakat dalam pelaksanaan Hatinya PKK di Desa Gerbosari. Karena dengan adanya KWT, masyarakat secara bertahap mampu memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam macam-macam sayuran, tanaman bunga dan membuat taman obat keluarga, yang bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama pada penyakit.


Di Desa Gerbosari ada 8 kelompok wanita tani yang aktif dalam kegiatan KRPL ( kawasan rumah pangan lestari ). Saat ini Kwt Anggrek Asri yang beralamat di Pedukuhan Menggermalang Gerbosari Samigaluh Kulon Progo, baru menjadi bintang dan menjadi tujuan untuk study banding dari berbagai kota di Tanah Air. Hal ini karena Kwt Anggrek Asri menjadi juara nasional petani pengelola KRPL berprestasi tahun 2018. Oleh karena itu banyak tamu dari kelompok-kelompok KWT dari berbagai kota untuk study tiru ke kelompok KWT Anggrek Asri Menggermalang. Hal ini menjadikan kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai warga masyarakat Desa Gerbosari. KRPL itu sendiri adalah kegiatan memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam aneka tanaman untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga.

Ada 5 jenis tanaman yang harus ditanam dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga yaitu :
1.Tanaman lumbung keluarga seperti singkong,kimpul/ bothe,suweg,uwi dll (umbi- umbian).
2.Tanaman sayuran seperti terong,bayam,cabai rawit, cabai keriting, sawi, selada, loncang, sledri, tomat dll.
3.Tanaman buah seperti pisang, jambu, mangga, rambutan, kelengkeng, alpukat dll.
4.Taman obat keluarga/ TOGA seperti jahe, kencur, kunyit, lidah buaya, adas, binahong, sereh dll. Dan di Gerbosari ditambah 1 tanaman Kelor (wajib).
5.Tanaman hias baik yang berbunga indah maupun yang berdaun indah.


Tanaman bunga yang berdaun indah antara lain Adenium, Antorium, Agronema, Iler dll. Tanaman hias yang berbunga indah antara lain : Anggrek, Mawar, Kamboja Jepang dll. Kegiatan KRPL ini sangat selaras dengan program TP PKK, khususnya Pokja 3 yang dikenal dengan  Hatinya PKK ( halaman asri teratur indah nyaman ) yang pelaksanaan kegiatannya juga menanam berbagai macam tanaman sayuran,toga dan tanaman hias,tanaman buah,dan tanaman umbi umbian . Kolaborasi antara kegiatan kwt dan TP Pokja 3 ternyata membawa dampak bagus dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan dalam bingkai Hatinya PKK. Hal ini dibuktikan dengan Desa Gerbosari menjadi juara 1 Hatinya PKK tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2018, juara 1 Hatinya PKK tingkat DIY tahun 2018, dan juara 1 Pakarti Madya Nasional atau juara harapan 1 nasional.

 

Baca juga:

PKK Panjatan Study Banding ke KWT Anggrek

 


Ini semua tentu saja berkat kerja sama yang baik antara TP PKK selaku pembina di masyarakat, KWT selaku penggerak dan penggiat kegiatan,Pemerintah Desa selaku pemangku kebijakan dan pemberi fasilitas berupa dukungan dana,Dinas Pertanian dan BP3K Samigaluh selaku penyuluh dan pembina,serta masyarakat sebagai pelaku utama kegiatan.
Semoga barokah dan bermanfaat.Salam sehat.
Red.triw

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image