Selamat Datang di web resmi Desa Gerbosari           Mari Makaryo Mbangun Deso

 

Pamong Kalurahan Saat Ini Diangkat Melalui Penetapan Bukan Ujian Tertulis

Administrator 31 Januari 2020 14:49:34 Berita Desa

Gerbo News 31/1 Rabu 29 Januari 2020 dilakukan Pengukuhan Pengambilan Sumpah/Janji Dan Pelantikan Pamong Kalurahan Gerbosari. Lurah Gerbosari melantik Pamong Kalurahan Gerbosari berdasarkan Sk Lurah Gerbosari kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Nomenklatur/Penyebutan Jabatan Pamong Kalurahan.

Setelah disumpah dan dilantik oleh Bupati dan dikukuhkan menjadi perangkat keistimewaan Lurah mempunyai wewenang untuk mengangkat pamong kalurahan yaitu dengan menetapkan perangkat desa yang sebelunya menjabat menjadi pamong kalurahan sesuai jabatan masing-masing. Tentu saja ini hanya untuk pertama kalinya. Untuk pamong kalurahan yang purna tugas, pengisiannya tetap melalui penjaringan dan penyaringan.

Dalam sambutannya Lurah Gerbosari Bapak Damar, A.Md menyampaikan selamat kepada para pamong kalurahan yang telah dilantik dan dapat bekerja maksimal sesuai dengan tupoksinya masing-masing, juga meningkatkan kinerja dalam pelayanan kepada pasyarakat. Beliau mengatakan penyebutan pamong kalurahan seperti pada tahun 1947 yaitu sebagai pangreh progo yaitu sebagai abdi bagi masyarakat.

Pelantikan juga dihadiri oleh Panewu Samigaluh yang menyampaikan beberapa pesan kepada pamong kalurahan, diantaranya harus siap menjdi pamomong warga masyarakat. Arti lain dari pamomong yaitu pengasuh warga masyarakat, harus siap kapan saja bila dibutuhkan warga masyarakat.

Selain Panewu Samigaluh juga dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana yang di wakili oleh Kasi Kelembagaan Aparatur Desa Bapak Risdiyanto, S.Ip yang menyampaikan banyak hal diantaranya setelah menjadi kalurahan aka nada tambahan kewenangan sebagai mana telah diatur dalam Peraturan Bupati yaitu 3 kewengan diantaranya kebudayaan, tata ruang dan pertanahaan. Selain kewenangan juga tentang jam kerja telah diatur dalam Peraturan Bupati bahwa semua Pamong Kalurahan mempunyanya kewajiban ngantor selama 5 hari kerja, yang pada Peraturan Bupati sebelumnya bahwa dukuh hanya mempunya kewajiban ngantor 2 hari kerja.

Pengambilan sumpah dan pelantikan masih menyisakan 1 orang yang karena keadaan darurat belum bisa diambil sumpah dan dilantik oleh Lurah Gerbosari dan akan secepatkan dilantik yaitu kaur Keuangan dan Perencanaan dilantik menjadi Danarta. Aacara ditutup dengan foto bersama dan senandung lagu dari penyanyi asli Gerbosari Bapak Moch Triyadi yang melantunkan banyak lagu pada acara tersebut. Red-wit

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Lurah Carik Jogobyo Ulu-Ulu Danarta Kamituwa Panata Laksana Sarta Pangripta Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung