You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Kegiatan Mengaji bersama Karang Taruna Mekar Mulyo

Administrator 06 Oktober 2019 Dibaca 476 Kali

Desa Gerbosari 6/10. Hari minggu adalah hari libur untuk anak-anak sekolah. Hari ini dimanfaatkan oleh Karang Taruna Mekar Mulyo dari Pedukuhan Tlogo untuk mengadakan kegiatan mengaji di Mushola Darussalam. Kegiatan ini sudah menjadi salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh karang taruna. Sasarannya adalah anak dari usia 3 tahun hingga 15 tahun. Bertujuan agar meningkatkan kesadaran anak-anak muslim agar gemar dan lancar mengaji.

Oleh Karang Taruna Mekar Mulyo kegiatan mengaji dijadwal setiap minggunya tiga hingga empat orang anggota yang mengajar. Dengan dibuat jadwal seperti itu, dapat mengantisipasi apabila ada anggota yang berhalangan datang sehingga bisa digantikan oleh anggota yang lain. Selain itu juga untuk melihat seberapa aktif partisipasi anggota karang taruna dalam berbagai kegiatan sehingga dapat untuk bahan evaluasi dalam rapat pertemuan karang taruna setiap satu bulan sekali. Anak-anak yang mengikuti kegiatan mengaji ini terbilang banyak, ada sekitar 30 orang. Anak-anak yang berasal dari satu pedukuhan ini biasanya berkumpul di mushola setiap jam 14.30 dan bermain bersama di halaman mushola sebelum kegiatan tersebut dimulai.

 

Baca juga:

Karang Taruna Puspa Jati menagkap peluang.

 

Setelah adzan ashar berkumandang semua anak melaksanakan sholat ashar berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan mengaji. Setiap 1 orang pengajar mengampu sekitar 5 hingga 10 orang anak dan dikelompokkan sesuai kemampuan mengaji. Misalnya, anak yang masih Iqro' jilid 1 hingga jilid 3 menjadi satu kelompok yang diampu oleh satu orang pengajar, kemudian Iqro' jilid 4 hingga jilid 6 menjadi satu kelompok dan selanjutnya adalah yang sudah sampai juz amma dan al-qur'an menjadi satu kelompok tersendiri. Setelah semua selesai mengaji, pada pertemuan kali ini Minggu tanggal 6 Oktober 2019 dilanjutkan dengan belajar bersama di luar ruangan sembari jalan-jalan dengan membentuk kelompok kecil. Hal tersebut dimaksudkan agar anak-anak tidak bosan setiap mengikuti kegiatan mengaji jika di setiap pertemuan terdapat selingan seperti bermain dan belajar serta permainan edukatif. Setiap kelompok diberikan satu tugas yaitu mengumpulkan 5 nama tanaman pohon buah. Permainan yang menarik dan membuat anak-anak terlihat senang. Biasanya kegiatan ini diakhiri pada pukul 16.30 wib dan ditutup dengan berdoa bersama terlebih dahulu. Red-AMS

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image