Selamat Datang di web resmi Desa Gerbosari           Mari Makaryo Mbangun Deso

 

Peningkatan Kapasitas Wartawan Desa oleh Sekolah Vokasi UGM

Administrator 28 September 2019 18:49:13 Berita Desa

Desa Gerbosari 28/9. Sabtu 28 September 2019 Gedung Serba Guna Desa Gerbosari dipadati warga Desa Gerbosari untuk Peningkatan Kapasitas yang diadakan oleh Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Ada 3 tema pelatihan yang dilakukan hari ini yaitu pelatihan Training Of Traner Jurnalistik untuk wartawan desa, pelatihan pengelolaan aset Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan Pelatihan taman kepada ibu-ibu PKK. Pembukaan pelatihan dilakukan di Gedung Serba Guna Desa Gerbosari dengan acara menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Sambutan dari Dosen Sekolah Vokasi Universitas Gajah mada dan sambutan Kepala desa Gerbosari sekaligus Pembukaan dan penyerahan bantuan taman secara simbolis oleh Dosen Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada kepada Kepala Desa Gerbosari. Sertelah pembukan semua peserta menuju ruangan pelatihan masing-masing, untuk pelatihan taman tetap di Gedung Serba Guna, pelatihan aset di ruang PKK dan pelatihan TOT Jurnalitik di lantai basement Kantor Desaa Gerbosari.

Aacara pelatihan TOT didahului dengan pengantar oeh Dosen Sekolah Vokasi UGM dilanjutkan Sambutan dari Pemerintah Desa Gerbosari yang diwakili Sekretrais Desa. Dalam sambutannya Sekretrais Desa Gerbosari mengatakan bahwa wartawan desa telah mendapatkan pelatihan pada tanggal 31 Agustus 2019 oleh kominfo dan Ketua Open Desa dan telah dibentuk Tim Pengelola Sistem Informasi Desa dengan Keputusan Kepala Desa Gerbosari Nomor 19 Tahun 2019. Namun Tim yang terbentuk masih mengelompok dari beberapa Pedukuhan sehingga pada pelatihan ini ditambahkan dari perwakilan semua perwakilan di 19 pedukuhan dengan harapan masing-masing wakil dari pedukuhan akan memberitakan setiap kegitannya di pedukuhan masing-masing. Memang saat ini semua anggota TIM masih tahap belajar menulis sampai akhir tahun 2019 dan menginjak Tahun 2020 semua anggota TIM telah eksis menulis untuk di posting di web Desa Gerbosari.

 

Baca juga:

Mitra Kerjasama dengan DEB SV UGM

 

Materi inti pelatihan disampaikan oleh narasuber Ibu Pirmastuti Indah Suryani, S.Si, M.Si, MM. Materi yang disampaikan antara lain penulisan judul menarik, efektif sesuai kaidah-kaidah EYD yatu penulisan penggunaan huruf kapital secara tepat. Narasumber juga menyampaikan jenis-jenis tulisan, cara mulai menulis dan aturan-aturan penulisan agar tidak melanggar hak tulisan orang lain, dan larangan-larangan dalam menulis. Selain menyampaikan teori-teori juga di akhiri dengan praktek menulis, masing-masing peserta dikasih satu folio agar dituliskan artikel sesuai ide dan kerangka yang telah dituliskan dalam buku oleh masing-masing peserta.

Aacara diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan modul TOT secara simbolis oleh Dosen sekolah Vokasi UGM kepada Pemerintah Desa Gerbosari.  Harapan setelah pelatihan ini akan meningkatkan kualitas artikel web desa setelah target 1 bulan ini hampir tercapai yaitu menjadi pengunjung terbanyak agar semakin banyak pengunjung yang membaca tentang potensi Desa Gerbosari. Red-wit

Komentar atas Peningkatan Kapasitas Wartawan Desa oleh Sekolah Vokasi UGM

admin 28 September 2019 22:17:39
makasih respon nya ibu ima lanjutkan
ima satrianto 28 September 2019 19:57:27
Senang sekali berada di tengah-tengah wartawan Desa Gerbosari yang antusias dan bersemangat membangun desanya. Ditunggu tulisan-tulisan menariknya di web Desa Gerbosari ya.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Website Desa ini :
Terbaik 3 Jumlah Artikel Bulan Oktober Tahun 2019

Website Desa ini :
Terbaik 3 Jumlah Pengunjung Bulan Oktober Tahun 2019

Peta Desa

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kasi Pemerintahan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kaur Perencanaan & Keuangan Kasi Kemasyarakatan Kaur Umum Aparatur Desa & Aset Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung