You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Inovasi Desa melalui Potensi Perikanan

Administrator 21 September 2019 Dibaca 431 Kali

GB News (21/9). Salah satu potensi yang ada di Desa Gerbosari adalah budidaya ikan memalui Kelompok Pembudidaya ikan (Pokdakan). Beberapa Kelompok Pembudi Daya Ikan telah eksis sejak puluhan tahun lalu pada masanya masing-masing.  Sebut saja Mino Lelono yang eksis pada tahun 2010 an, dan masih banyak Pokdakan yang sampai sekaran eksis. Bahkan tahun lalu potenti perikanan juga masuk salah satu unggulan Desa Gerbosari dalam mengkikuti Lomba Desa yang akhirnya menjadi Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kulon Progo. Pokdakan 'TOK PITU' yang di prakarsai oelh Lepmabaga Ketahanan Masyarakat Desa (LPMD) berhasi menjadi icon dengan 'KAMPUNG SIDAT' yang berada di Pedukuhan Jetis yang juga merupakan Ibukota Kecamatan Samigaluh.

 

Baca juga:

Kerajinan dari lidi salah satu potensi masyarakat desa

 

Pokdakan yang masih eksis sampai sekarang yang ada di Pedukuhan Karang Desa Gerbosari adalah Pokdakan Mino Sayekti Aji. Mino Sayekti Aji pokdakan ikan gurami. Demikian dikatakan bapak Margiyanto salah satu anggota kelompok pembudidaya ikan di wilayah Desa Gerbosari yang cukup menarik. Hal ini terjadi kemarin Jumat 20 September 2019, ketika bapak Ardiyanto, SE dari BPP Kecamatan Samigaluh meninjau lokasi untuk melakukan uji ubin ikan gurami setelah hampir 3 bulan dipelihara. Ini dilakukan sebagai bahan tolok ukur terhadap perkembangan dan bobot ikan agar bisa terpantau. Lokasi kolam terletak di Sedengkeng pedukuhan Karang. Dari beberapa kolam yang ada cukup bagus walaupun keadaan sekarang musim kemarau .Dengan demikian harapnnya kedepan banyak tumbuh kolam-kolam ikan dl wilayah Gerbosari pada umumnya. Karena hal ini sesuai dengan program pemerintah tentang gerakan gemar makan ikan. Red.Mul.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image