You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Refreshing Pengasuhan 1000 HPK Desa Gerbosari

Administrator 18 September 2019 Dibaca 446 Kali

GB News (17/9). Hari ini Rabu 18 September 2019 di Gedung Serba Guna Desa Gerbosari diadakan Refreshing Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kegiatan ini sebagai rangkaian kegiatan dalam penanganan Stunting di Desa Gerbosari. Menurut Sekretaris Desa Bapak Wiwit Triraharjo S.Si dalam sambutanya, Stunting adalah anak yang pertumbuhannya tidak sesuai dengan standart pertumbuhan dan diikuti dengan pertumbuhan otak yang kurang optimal.Hal ini disebabkan oleh berbagai sebab termasuk kurang nutrisi/ gizi.

Materi pertama disampaikan oleh Ibu dr Candra Safitri, Kepala Puskesmas Samigaluh 1 tentang 1000 HPK. 1000 HPK dimulai sejak bertemunya sel telur dengan sperma. Dari saat itu betul2 ibu harus memperhatikan nutrisi/asupan gizinya, karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin. Selain itu ibu hamil juga harus rajin minum tablet besi atau tablet tambah darah. Ibu hamil harus rutin periksa ke puskesmas agar dapat diperiksa kesehatannya secara komplit (ANC terpadu). Kesehatan ibu sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan keselamatan ibu itu sendiri pada saat persalinan. Inilah pentingnya ANC terpadu di puskesmas. Setelah bayi lahir, dilakukan IMD (inisiasi menyusu dini). 0-6 bulan harus asi eksklusif, MP-ASI untuk umur 6 bulan sampai 2 tahun, sesuai panduan PMBA.

 

Baca juga:

Mari Bersama-sama cegah stunting sejak dini

 

Materi yang ke 2 disampaikan oleh ibu Siti Nuryati S.Pd Paud. tentang pengasuhan. Disini dijelaskan bagaimana menjadi orang tua, bagaimana memberikan pengasuhan yang baik(pola asuh) dan benar. Selain itu juga gizi/ nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi/ anak untuk pertumbuhan. Selama kurun waktu 1000 hari ini sangat menentukan perkembangan otak. Karena perkembangan otak dimulai dari kandungan sampai anak umur 2 tahun. Inilah yang dinamakan 1000 HPK. Stunting bisa dicegah dengan dimulai dari remaja dengan minum tablet besi seminggu sekali,sehari sekali pada saat haid,bumil rajin periksa, nutrisi terpenuhi/tercukupi, IMD, Asi Eksklusif dan MP-ASI yang benar, maka Stunting akan pergi dari wilayah kita. Salam sehat. Red-tw

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image