You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Memanfaatkan tanaman empon-empon menuju Desa Herbal

Administrator 04 September 2019 Dibaca 446 Kali

Tantangan ke depan untuk bergelut dengan herbal atau jamu empon-empon. Seiring berjalannya waktu saat ini orang mulai melirik ke herbal. Tidak dipungkiri dari tumbuhnya tanaman jamu sebenarnya punya pangsa pasar juga. Setelah beberapa tahun belakangan ini sebut Siti Hariyani warga Pedukuhan Kemiriombo yang tergabung dalam kelompok Toga Saras Sari memulai usaha dengan membuat simplisia. Yaitu memanen hasil empon-empon kemudian dirajang dan dikeringkan. Karena disamping ada nilai jual yang lebih juga menjadi awet untuk jangka waktu pemasaran. Untuk kelanjutannya sub kegiatan toga ini juga memanfaatkan lahan untuk budidaya tanaman empon-empon. Dari ibu-ibu anggota kelompok juga mulai mengolah dalam bentuk minuman segar seperti kunyit asam dan beras kencur. Demikian peran anggota kelompok dalam memanfaatkan waktu dan mengolah hasil dari tamaman jamu.

Ini salah satu dari tanaman herbal yang ada di Desa Gerbosari dan melaui web ini setiap hari akan kita kupas berbagai tanaman herbal serta khasiat-khasiatnya dengan harapan warga masyarakat Gerbosari dan semua pembaca web ini akan memanfaatkan tamanan-tanaman disekitar kita, maka jangan lewatkan setiap harinya untuk selalu membuka web kami. Red.Mul.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image