Desa Gerbosari Direncanakan Menjadi Tuan Rumah Seminar Nasional ‘Greget Desa’ IDEA

Administrator | 19 Januari 2020 19:51:34 | Berita Desa | 8 Kali

Gerbo New 19/1 Jumat 17 Januari 2020 Desa Gerbosari menerims kehadiran IDEA yaitu Ibu Isnawati dan Ibu Ferina yang diterima oleh Sekretaris Desa Bapak Wiwiwt Triraharjo dan Kasi Kemasyarakatan Bu Ratna Endarni. Ibu Isnawati menyampaikanbahwa  dari rencana pendampingan 2 Desa di Kulon Progo yang salah satunya Desa Gerbosari mulai dari tahun 2019 lalu akan berlanjut pada tahun 2020 yaitu pendampingan terhadap kelompok-kelompok perempuan yang ada di Desa Gerbosari dalam ikut dalam perencanaan penganggaran dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Sebenarnya kelompok-kelompok masyarakat sudah ikut menyusun perencanaan yaitu melaluli musyaraha pedukuhan (musduk) ataupun melalui jarring aspirasi melalui Lembaga Kemasyarakatn Desa (LKD) yang pada tiap tahunnya selalu dilakukan sebelum musyawarah desa yang menurut jadwal akan dilakukan pada Bulan Juni tiap tahun berjalan. Namun berkalitan target penurunan angka kemiskinan pada akhir periode RPJMD DIY mupun RPJMD Kulon Progo maka diperlukan kerjasama berbagai fihak untuk mengoptimalakan program pemerintah. Salah satu yang paling sering bermasalah adalah adanya perbedaan pada basis data pada album kemiskinan dengan kondisi real masyarakat sehingga perlu sinkronisasi data dengan pendekatan langsung ke masyarakat.

Ibu Ferina (yang pada tahun 2015 masih KKN diPedukuhan Clumprit) menambahkan untuk tehnis pendampingan akan dilakukan oleh Pak Ignas yang dalam minggu depan akan mulai pendampaingan. Pendampingan diutamakan dengan kelompok-kelompok perempuan yang sudah ada di desa jadi tidak perlu membentuk kelompok lagi sehingga lebih efektif.

Ibu Isnawati juga menyampaikan bahwa seminar nasional Greget Desa Tahun 2020 yang direncanakan Bulan Oktober akan mengambil tempat di Desa Gerbosari. Seminar nasional diikuti oleh seluruh nusantara. Harapannya semua potensi yang ada di desa ditampilkan dalam acara tersebut. Hal itu juga untuk mendorong pemberdayaan masyarakat diberbagai sector missal sector wisata desa, sector kuliner dan tentunya pengembangan BUM Desa. Untuk Indeks Desa Membangun status Desa Gerbosari adalah mandiri bersama 2 desa lainnya di Kabupaten Kulon Progo. Dan untuk informasi selengkapnya tentang Desa Gerbosari bisa diakses secara umum melalui web resmi desa yang selalu diupdate setiap saat dapat di klik gerbosari-kulonprogo.desa.id Ret-wit

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : JL. PANGAJI-PLONO. KM 4,2 KARANG, GERBOSARI
Kalurahan : Gerbosari
Kapanewon : Samigaluh
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55673
Telepon : 02742820979
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung