You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Hamemayu hayuning bawono

Administrator 14 September 2019 Dibaca 453 Kali

Gerbosari news/14 September 2019. Ketua Panitia Bersih Desa Gerbosari Bapak Wahyu Widiyanto, BA yang juga pengurus Rintisan Desa Budaya Gerbosari disela-sela nonton mawang bersama masyarakat sempat kami tanyakan sebenarnya apa makna dan harapannya dengan adanya bersih desa. Beliau menjelaskan beberapa hal. sebenarnya inti dari bersih desa yaitu ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena kita telah diciptakan oleh Sang Pencipta didiberikan kehidupan dimuka bumi. Selain itu kita sebagai insan dimuka bumi harus menjaga bumi kita dari kerusakan, melestarikan alam, menjaga keseimbahan makhluk hidup, sehingga bumi ini tetap ijo royo-royo bebas dari pagebluk. 

 

Baca juga:

Dewi Sri Telah Kembali

 

 

Terus saya tanya lagi, apa pesan bapak selaku ketua panitia. Beliau menagmbil istilah hamemayu hayuning bawono, istilah itu identik dengan kraton ngayogyokaryto hadi ningkrat, maksdunya bahwa desa adalah pemenrintahan paling kecil dibawah keistimewaan yogyakarta yang mempunya Undang-undang sendiri yaitu Undang-undang keistimewaan yang sebagian wewenangnya mulai sampai ke desa, mari kiba bangun masyarakat sesua dengan profesinya masing-masing untuk sebesar-besarnya kemakmuran warga masyarakat. Red-wit

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image