You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Jimpitan menghasilkan jalan aspal RT 64 Pedukuhan Sumbo

Administrator 25 Agustus 2019 Dibaca 445 Kali

Tradisi ronda di Pedukuhan Sumbo untuk menjaga keamanan dan ketertiban masih berjalan sampai saat ini. Petugas ronda keliling setiap malam menjaga keamanan warga sesuai jadwal.  Setiap malam semua warga memasang jimpitan berupa uang atau beras di masing-depan rumahnya dan setiap malam akan diambil oleh petugas ronda yang keliling. Sebagian hasil dari jimpitan di RT 64 Pedukuhan Sumbo dibelikan aspal untuk melapisi jalan sepanjang 130 M.

Pada tahun 2019 ini pedukuhan Sumbo mendapatkan program pengerasan jalan dari Dana Desa yang telah selesai dilaksanakan beberapa waktu lalu. Terlalu antusiasnya menyambut program dari pemerintah, masyarakat bermaksud menjaga merawat dan memenfaatkan program pemerintah itu dengan maksimal.

Minggu 25 Agustus 2019 warga masyarakat RT 64 Pedukuhan Sumbo kerja bakti membakar aspal dan melapisi jalan sepanjang 130 M. lapisan aslpal itu dimaksudkan untuk mengurangi kelicinan jalan pada saat musim penghujan karena posisi jalan yang naik turun dan disekitar jalan banyak pepohonan akan memudahkan tumbuhan lumut yang mengaibatkan jalan licin. Selain itu juga menyebabkan jalan semakin awet, karena lapisan aspal akan mengurangi terkelupasnya jalan akibat gesekan dengan roda kendaraan. Hal itu sudah dibuktikan di beberapan jalan naik turun sepanjang jalan lingkar di Pedukuhan Sumbo. Ret-wit

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image