You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Merti RT 64 SumBo Desa Gerbosari Ungkapan Rasa Sukur terhadap Sang Pencipta

Administrator 03 November 2019 Dibaca 438 Kali

Uacapan syukur ditujukan kepada orang yang telah mendapatkan sesuatu. Sesuatu itu biasanya berujud keberuntungan, kesembuhan dari penyakit, mendapatkan sesuatu yang diluar dugaan, disebabkan juga karena terhindar dari marabahaya, dan lain-lain.
Syukur itu diperuntukan kepada sang pencipta. Tuhan yang maha kuasa, kepada sang Hyang Widiwasa dan masih ada pula sebutan lainnya. Pendek kata, sudah semestinya kita bersyukur baik karena anugerah sesuatu yang diberikan Tuhan kepada kita, baik itu hal yang kita anggap menguntungkan ataupun yang tidak menguntungkan menurut pengertian kita.

Padahal semestinya, baik dalam suka ataupun duka kita harus bersyukur, karena segala sesuatu yang diberikan Tuhan kepada kita, sering kita belum tahu maksud dan kehendak Tuhan.

Contoh : Kita kehilangan sepeda motor di mall. Tentu kita jengkel, sedih, dan mungkin kita menjadi dendam kalau kita melihat pemcurinya kebetulan ditangkap dilain waktu di kota lain.
Tetapi semestinya kita walaupun kehilangan sepeda motor kita lalu lebih berhati-hati, teliti, yang akhirnya justru kita dapat membeli yang baru, ataupun ganti merek lain yang lebih sesuai dengan selera kita.
Itulah yang dimaksudkan belum tentu hanya hal yang menguntungkan kita saja yang kita syukuri, demikian pula hal yang mengecewakan kita, atau bahkan merugikan kita.
Tidaklah menjadi mudah mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada kita, baik suka maupun duka.

Seperti judul yang akan disampaikan dalam tulisan ini.
Warga RT 64 pedukuhan Sumbo, Gerbosari, kecamatan Samigaluh. Tgl 2 Nopember 2019 bersyukur untuk segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan kepada seluruh warga Rt 64 pedukuhan Sumbo, Gerbosari, kecamatan Samigaluh.
Nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada seluruh warga Rt 64 yakni :
1. Atas anugerah kesehatan dan keselamatan.
2. Atas anugerah air yang telah dapat mengalir sepanjang tahun walaupun musim kemarau.
3. Atas anugerah seluruh warga dapat mengerjakan cor blok dan pelapisan dengan aspal.
4. Terpilihnya Rt yang baru, karena ketua Rt yang lama dalam proses pengobatan, semoga cepat sembuh dan setia dalam pengobatannya.
Itulah syukur seluruh warga.

Dalam mengucapakan syukur tersebut terlaksana secara spotan, mengapa demikian karena secara spontan seluruh warga sedang mengadakan kerjabakti merapikan cor blok yang belum lama selesai, tiba-tiba salah satuwarga nyeletuk nagaimana kalau selesai ini kita makan bersama dan akhirnya disetujui secara apontan pula.
Kerja bakti dilanjutkan selang satu hari dan seluruh warga sepa
kat kita musyawarahkan, secara lebih matang, dan akhirnya terjadilah musyawarah mufakat bulat kita akan bersyukur.

Secara maraton ibu-ibu dasa wisma dan ibu-ibu PKK Rt segera berkoordinasi tentang konsumsi dan lain-lain sedangkan bapak-bapak menggalang dana sedangkan ketua Rt koordinasi dengan bapak kepala dukuh dan pengurus kesenian jathilan.
Dengan semua mempunyai tekat bersama, kerja keras seluruh warga nampak selalu riang gembira. Inilah kekuatan, dan dinamika bermasyarakat yang sudah terbangun sejak lama.
Rawe-rawe rantas, itulah pedoman kami seluruh warga Rt 64 pedukuhan Sumbo.
Syukur itu kita simbulkan dengan mengarak gunungan.
Gunungan itu terkandung maksud tertentu. Bentuk gunungan itu atas runcing menjulang tinggi itu melambangkan seluruh warga Rt selalu ingat dan berbakti pada Tuhan.
Semakin ke dasar semakin melebar hal itu melambangkan, berkat ridhlo Tuhan.Seluruh warga bergerak secara bersama-sama, dengan dipimpin oleh salah satu yang dipilih secara demokratis.
Dalam gunungan itu dipenuhi dengan berbagai hasil bumi, melambangkan semoga Tuhan memberikan hasil tanaman sebagai mata pencaharian sebagian beaar warga semakin berlimpah, dan dapat menjadi berkah untuk seluruh warga.

Tua, muda, laki -laki perempuan anak-anak tidak satupun tidak bersyukur, dinyatakan dalam kirab budaya ayukur diseluruh wilayah RT kami.
Bukan berarti kami ingin eksklusif dengan rukun tetangga lain, namun sekedar pernyataan sukacita bersama, dalam suasana sederhana. Semoga Tuhan meridhlohi kami semua seluruh warga Rt 64 khususnya dan pedukuhan Sumbo pada umumnya. Red-santo

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image