You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Peningkatan Kapasitas Kader Lansia dengan Outbond

Administrator 12 November 2019 Dibaca 431 Kali

Desa Gerbosari news (10/11) Giliran kader lanjut usia ( Lansia) yang melakukan kegiatan di luar Desa, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Pemerintah Desa Gerbosari tahun 2019 bidang pemberdayaan masyarakat desa, mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas kader lansia, hari minggu tanggal 10 November 2019 di Pantai Goa Cemara dan Pantai Depok, Kabupaten Bantul.

Berangkat dari halaman Kantor Desa Gerbosari, pukul 07.30 WIB dengan menggunakan 3 bus diikuti oleh kader lansia se Desa Gerbosari didampingi tim kasi kemasyarakatan dan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo beserta perwakilan Puskesmas 1 Samigaluh yang bertindak sebagai narasumber.

Acara diawali dengan pembacaan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan prakata koordinator kader lansia Desa dan sambutan dari Kepala Desa Gerbosari yaitu bapak Damar, A.Md yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Subagya dari Puskesmas 1 Samigaluh yang telah melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para kader lansia Desa Gerbosari. Juga disampaikan ucapan terimakasih kepada para kader yang telah bekerja dengan iklas menjadi motor penggerak bidang kesehatan. Terimakasih kepada sekretaris desa dan kasi kemasyarakatan yang telah menganggarkan anggaran bagi kader di APBDes. Permohonan maaf atas usulan kegiatan - kegiatan yang belum bisa terakomodir di APBDes. Kegiatan refreshing dibutuhkan oleh manusia karena mandirinya sebuah desa berkat sumber daya manusia (SDM). Solidnya para kader sebagai pioner pembangunan manusia. Kita harus menyadari peran masing - masing = harus apa dan bagaimana sebagai : pemerintah desa, puskesmas, Dinas Kesehatan, kader.
Arti outbond adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental. Inti dari outbond adalah kekompakan,sangat perlu diterapkan dalam kerja para kader.

Narasumber pertama ibu Marlina dari Dinas Kesehatan Kulon Progo yang menyampaikan materi tentang =
Batasan lansia
Faktor yang mempengaruhi kebutuhan gizi lansia (berkurangnya kemampuan mencerna makanan akibat kerusakan gigi, Berkurangnya indra pengecap / penurunan cita rasa, rasa lapar menurun, Kerongkongan mengalami pelebaran, Mengalami sembelit dan lain sebagainya),
Masalah gizi lansia (gizi kurang, gizi lebih, kekurangan vitamin)
Status gizi lansia.

Bapak R.Subagya dari Puskesmas Samigaluh 1 selaku narasumber ke dua pada kegiatan peningkatan kapasitas kader lansia menyampaikan tentang senam.
Pengertian senam
Manfaat senam
Jenis senam yang cocok untuk lansia antara lain : senam, bersepeda, yoga,
hindari aerobik, gerakan yang terlalu menghentakkan kaki, Hindari push up.

Setelah isian materi dari Dinas Kesehatan Kulon Progo dan Puskesmas Samigaluh 1, dilanjutkan outbond yang dipandu oleh tim "Elang Biru" dari obyek wisata pantai Goa Cemara. Para kader bersemangat dan semua merasa senang dengan kegiatan outbond ini, mereka bisa sejenak melupakan masalah dalam hidup, bisa menjalin kekompakan dengan teman - temannya, Menjalin Silahturohmi, Melepas penat atau kejenuhan rutinitas, Mendapatkan ilmu materi yang disisipkan dalam permainan outbound, Lebih mengenal lingkungan, Membangun rasa percaya diri,
Menganalisa kemampuan seseorang untuk keperluan manajemen. Setelah outbond dilanjutkan bersenang - senang di pantai Goa Cemara dan pantai Depok sekaligus untuk membeli oleh - oleh. Red-RaNi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image