You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Gerbosari
Kalurahan Gerbosari

Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Kalurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

Program Gerakan Makan Sayur Hijau SD N Menggermalang

Administrator 18 Oktober 2019 Dibaca 485 Kali

Desa Gerbosari news (18/10). SD N Menggermalang yang berlokasi di Pedukuhan Dukuh, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh membuat terobosan agar anak - anak gemar makan sayur hijau yaitu dengan cara setiap hari Jum'at, murid - murid dari kelas I sampai kelas VI diminta membawa bekal makanan dengan sayur hijau. Saat jam istirahat pertama, murid - murid makan bersama dengan bekal yang dibawa masing - masing dari rumah. Cara ini cukup efektif membuat anak - anak yang tidak suka sayuran, jadi mau memakan sayuran sedikit demi sedikit, seperti yang disampaikan oleh Kasi Kemasyarakatan Gerbosari. Kata ibu Ratna "saya sampaikan terimakasih yang sedalam - dalamnya kepada Bapak/Ibu guru SD N Menggermalang yang telah membuat ide / inovasi supaya anak - anak mau makan sayur terutama sayuran hijau. Dengan inovasi ini anak laki-laki saya yang biasanya sama sekali tidak mau makan sayur dengan alasan tidak enak / tidak suka, sayuran itu tidak sehat dan berbagai alasan lainnya, namun berkat gerakan makan bersama dengan sayuran hijau ini, anak saya jadi mau makan sayur walau baru sedikit - sedikit tapi sudah lumayan daripada dulu sama sekali tidak mau. Bahkan tadi sudah menyebutkan sayuran yang ingin dibawanya sebagai bekal besok Jum'at".
Sayur hijau merupakan sayuran yang mudah dijumpai dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, namun bagi anak - anak jaman sekarang banyak yang tidak suka memakan sayuran, mereka justru lebih menyukai makanan yang tidak sehat atau makanan cepat saji yang mengandung pengawet, pewarna makanan, penyedap dan kandungan lainnya yang tidak sehat. Padahal sayuran hijau ada disekitar kita, bisa kita tanam sendiri dihalaman rumah maupun di sawah atau diladang, bisa juga kita beli di pasar atau warung sekitar rumah kita.
Macam - macam sayuran hijau disekitar kita dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita,
diantaranya =
Kubis
Sayur kubis juga termasuk ke dalam macam-macam sayuran yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kubis untuk kesehatan seperi bisa melawan kanker, baik untuk pencernaan, meningkatkan kekebalan, baik untuk tulang gigi, ginjal, jantung, dan kesehatan kulit.
Bayam.
Bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk darah, kandungan lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan memiliki beraneka macam vitamin seperti A, C, K, dan juga folat.
Kangkung
Walau ada sebagian orang yang beranggapan bahwa makan kangkung dapat menyebabkan mengantuk, namun kenyataannya kangkung mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C, vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan hormon sehingga mampu menciptakan suasana nyaman dan kangkung juga mempunyai mineral seperti kalium, fosfor, dan kalsium. Manfaat kangkung dapat mengobati anemia, menurunkan kolesterol, anti diabetes, anti penuaan, mencegah radikal bebas, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Red - RaNi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image